free page hit counter

Beberapa Hal yang Perlu Dilengkapi di Museum Batam Raja Ali Haji

Loading...

Suarasiber.com – Dirjen Kebudayaan Kemdikbud melakukan standarisasi dan sosialisasi pedoman standardisasi museum untuk Museum Batam Raja Ali Haji, Selasa (20/4).

Pendamping Kegiatan Standardisasi dan Sosialisasi Pedoman Standarisasi Museum, Siswanto, mengatakan, kontribusi Pemerintah Kota (Pemko) Batam untuk Museum Batam Raja Ali Haji dinilai luar biasa.

Harapannya, koleksi museum semakin banyak serta dilengkapi narasinya sehingga museum akan semakin baik. Narasi diperlukan agar pengunjung tahu apa yang dilihatnya pada sebuah benda.

“Museum era sekarang bukan seperti dulu, asal taruh barang selesai, harus dikembangkan. Misalnya, ditambah suvenir untuk menandakan turis tersebut sudah datang ke Museum Batam,” katanya.

Meski begitu, masih ada kekurangan pada museum ini yang bisa dilengkapi.

Hal ini diutarakan Kurator Museum Purna Bhakti Pertiwi, Gunawan Wahyu Widodo, yang menyebutkan beberapa hal.

“Museum Batam Raja Ali Haji representatif dan bisa lebih komplet, namun diperlukan ruang konservasi yang didukung untuk memastikan koleksi terjaga, menyiapkan tenaga ahli konservator, ada ruang audio visual yang menyajikan informasi inspiratif, serta ruang fasilitas publik untuk memberikan rasa nyaman untuk tempat bersantai,” ujarnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata, menyambut kedatangan tim dari pusat.

Ia pun menjelaskan jika museum tersebut sudah didaftarkan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama 475 museum lainnya di Indonesia.

Ia pun mengutarakan sekilas tentang isi museum, yaitu sejarah peradaban Batam mulai dari Batam sejak zaman Kerajaan Riau Lingga, Belanda, Temenggung Abdul Jamal, Jepang, masa Kemerdekaan Indonesia, Pemerintah Kabupaten Kepri, Otorita Pertama, era BJ Habibie, Kota Administratif, masuk Sejarah Astaka, Khazanah Melayu, dan infrastruktur atau era Batam sekarang.

Ardi mengatakan ke depan museum ini dikembangkan sebagai museum digital. Keberadaannya strtaegis karena dekat dengan pelabuhan internasional, hotel, dan pusat perbelanjaan. (fut)

Loading...