free page hit counter

Anda Tinggal di Daerah Ini? Waspadai Prakiraan BMKG Soal Cuaca Esktrem

Loading...

Suarasiber.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan rilis terkait prakiraan terjadinya cuaca ekstrem di sejumlah wilayah di Indonesia.

Disampaikan oleh Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, dalam keterangan tertulis, Sabtu (3/4/2021), BMKG sebagai Tropical Cyclone Warning Center (TCWC) Jakarta mendeteksi adanya 2 bibit siklon tropis.

Dua bibit tadi yaitu bibit siklon tropis 90S di Samudra Hindia barat daya Sumatera dan bibit siklon tropis 99S di Laut Sawu, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Bibit siklon itu secara tak langsung mempengaruhi pertumbuhan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia. Juga mampu mendorong peningkatan kecepatan angin.

Potensi cuaca ekstrem diperkirakan menerpa sebagian wilayah Indonesia sepekan ke depan.

Daerah berpotensi hujan sangat lebat meliputi Sulawesi Selatan, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Sementara wilayah yang berpotensi hujan sedang lebat ialah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah.

Juga di wilayah DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku dan Papua.

Sementara daerah berpotensi angin kencang kemungkinan dirasakan warga yang tinggal di Lampung, Banten, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan.

Selain prakiraan di atas, BMKG juga mengingatkan adanya ombak 4 meter lebih di perairan barat Kepulauan Mentawai, perairan Bengkulu, perairan Pulau Enggano, perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Banten, dan Samudra Hindia barat Kepulauan Mentawai, hingga selatan Jawa Barat.

Patut juga diwaspadai bagi Anda yang ada di Sulawesi Selatan dan Nusa Tenggara Timur, berdasarkan prakiraan cuaca berbasis dampak berpluang potensi banjir/bandang dalam periode hingga 3 hari ke depan dengan kategori siaga. (man)

Loading...