9 Provinsi Ini Harap Waspadai Siklon Surigae, Berikut Prakiraan BMKG

Loading...

Suarasiber.com – Siklon tropis Surigae sedang berada di Perairan Samudra Pasifik sebelah utara Papua. Sembilan provinsi, oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BKMG) diminta waspada.

Hal ini karena terjadinya kenaikan intensitas dalam 24 jam ke depan dan terus bergerak mengarah ke barat laut.

Memang, BMKG memperkirakan siklon tropis Surigae cenderung bergerak menjauhi wilayah Indonesia. Namun, kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati, keberadaannya tetap memberikan dampak tidak langsung bagi sejumlah provinsi di Tanah Air.

“Menurut prediksi BMKG hingga 17 April 2021 pukul 19.00 WIB, posisi siklon tropis tersebut masih akan berada di perairan Samudra Pasifik dan diperkirakan bergerak menuju sebelah utara Maluku Utara, atau pada 11,7 LU dan 129,7 BT, atau sekitar 1.040 kilometer sebelah utara timur laut Tahuna,” kata Raditya, Sabtu (17/4/2021) seperti dikutip dari detik.com.

Siklon tropis Surigae ini diperkirakan akan bergerak dengan kecepatan 10 knot atau 19 kilometer per jam dengan kekuatan 95 knots atau 185 kilometer per jam dengan tekanan 935 hPa. Dampaknya bisa berupa hujan lebat disertai kilat/petir serta angin kencang.

Berikut sembilan provinsi diminta siaga:

Provinsi Kalimantan Barat
Provinsi Kalimantan Tengah
Provinsi Kalimantan Utara
Provinsi Kalimantan Timur
Provinsi Sulawesi Utara
Provinsi Gorontalo
Provinsi Sulawesi Tengah
Provinsi Maluku Utara
Provinsi Papua Barat.

Gelombang air laut juga dimintai menjadi alasan masyarakat untuk waspada. Gelombang laut hingga 2,5 meter berpeluang di Laut Sulawesi, Perairan Kepulauan Sangihe, Perairan Kepulauan Sitaro, Perairan Bitung-Likupang, Laut Maluku, perairan selatan Sulawesi Utara, Laut Halmahera, dan Perairan Biak hingga Jayapura.

Gelombang hingga 4 meter berpeluang terjadi di perairan Kepulauan Talaud dan perairan utara Halmahera. Sementara gelombang hingga meter berpeluang terjadi di Samudra Pasifik utara Halmahera hingga Papua Barat. (man)

Loading...