WhatsApp Desktop/Web Bisa Dipakai Video Call, Begini Caranya

Loading...

WhatsApp Desktop atau web adalah terosan dari pembuatnya agar pengguna bisa tetap video call. Jika biasanya VC ini dilakukan menggunakan smartphone, kini bisa dengan PC atau laptop.

Whatsapp Web adalah Whatsapp yang diakses melalui web browser, sedangkan Whatsapp Dekstop adalah Whatsapp yang diakses melalui aplikasi yang sebelumnya sudah diunduh di laptop atau komputer Anda.

WhatsApp web dijadikan sebagai alternatif pengirim pesan WhatsApp yang bisa Anda gunakan dari perangkat komputer desktop. Tetapi hati-hati, pesan seperti ini jangan diklik.

Secara keseluruhan versi dekstop ini hampir sama dengan fitur yang tersedia di aplikasi versi seluler. Menariknya, Anda bisa menggunakan WhatsApp web dengan smartphone secara bersamaan

Dikutip dari laman BBC, Facebook mengatakan bahwa jumlah video call di Messenger meningkat dua kali lipat sejak tahun lalu, khususnya di daerah-daerah yang terjangkit COVID-19.

Pada saat pandemi seperti saat ini, kegiatan tatap muka yang mengundang banyak orang sangat tidak dianjurkan. Namun, dengan video call, kegiatan belajar mengajar, rapat, dan hal serupa lainnya tetap dapat dilakukan.

Hal tersebut pun membuat para perusahaan yang menyediakan jasa dan layanan digital berlomba-lomba dalam memberikan fitur dan akses yang terbaik bagi masyarakat.

Perkembangan terus dilakukan demi memenuhi kebutuhan masyarakat di situasi sekarang ini. Whatsapp, sebagai salah satu aplikasi messenger terbesar di dunia, tidak ingin ketinggalan.

Aplikasi yang terkenal dengan fitur pesan dan telepon berbasis internet ini terus mengembangkan fitur yang sedang marak digunakan masyarakat, yaitu video call. Pada awalnya, Whatsapp hanya memberi kapasistas untuk empat orang dalam sebuah ruang video call.

Pada Juni lalu, Whatsapp pun mengabarkan bahwa kapasitasnya ditambah menjadi delapan orang. Tidak hanya di smartphone, Whatsapp pun terus mengembangkan bentuk Web atau Desktopnya.

Walaupun tidak memiliki fitur video call secara langsung, Whatsapp Web/Desktop tetap dapat melakukan video call via Messenger Rooms. Messenger Rooms sendiri telah mengembangkan fiturnya dan dapat menampung 50 orang sekaligus dalam sebuah ruang video call.

Dikutip dari laman Forbes, hal tersebut Facebook lakukan dalam rangka menyaingi para kompetitornya, seperti Zoom dan Google Meet.

Jelas bahwa hal tersebut akan memudahkan kita dalam melakukan video call, khususnya melalui komputer atau desktop.

Video Call Menggunakan WhatsApp Desktop

Dilansir dari laman resmi Whatsapp, berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan jika ingin membuat sebuah ruang video call di Whatsapp Web/Desktop via Messenger Rooms:

  • Buka aplikasi Whatsapp di laptop/komputer Anda atau akses laman Whatsapp di web browser.
  • Klik opsi ‘attach’ atau yang memiliki gambar atau ikon klip. Opsi tersebut berada di deretan atas sebelah kanan.
  • Setelah klik opsi tersebut, pilih opsi ‘Room’ atau yang memiliki gambar atau ikon kamera video. Opsi tersebut berada di urutan terakhir.
  • Setelah itu, akan ada tampilan yang muncul. Silahkan klik ‘Continue in Messenger’.
  • Anda pun akan dipindah secara otomatis ke laman Forum Messenger. Setelah itu, Anda diminta untuk mengisi username dan sandi dari akun Facebook atau Messenger pribadi. Jika belum memiliki akun Facebook atau Messenger, silahkan mendaftarkan diri Anda terlebih dahulu.
  • Setelah itu, Anda sudah bisa membuat sebuah ruang video call melalui Messenger Rooms. Anda pun dapat menyebarkan link video call tersebut dengan menyalin alamat link dan menyebarkannya melalui Whatsapp chat.

WhatsApp Desktop Sulit Terkoneksi

WhatsApp Web pada dasarnya merupakan “kepanjangan tangan” dari aplikasi WhatsApp. Maka untuk menggunakan WhatsApp Web, pada dasarnya Anda harus sudah memiliki akun WhatsApp yang aktif di perangkat smartphone.

Buat pengguna yang masih awam dengan WhatsApp Web, Anda tinggal menuju ke web.whatsapp.com di komputer dan kemudian mengikuti petunjuk yang diberikan untuk menghubungkan akun WhatsApp di ponsel via (QR code) kode QR.

Bila WhatApp Web Anda sulit terkoneksi, hal-hal berikut bisa dicoba.

Masalah konektivitas telepon

Seperti sudah disebutkan di atas, WhatsApp pada dasarnya semata merupakan penunjang yang mesti terhubung ke ponsel untuk mensinkronisasikan pesan yang Anda terima.

Maka jika ponsel Anda tidak terhubung dengan WhatsApp, otomatis WhatsApp Web pun jadi tak bisa digunakan.

Masalah konektivitas komputer

Penggunaan WhatsApp Web bukan cuma bergantung pada koneksi aplikasi WhatsApp di ponsel Anda. Koneksi internet yang stabil pun diperlukan pada perangkat komputer.

Bar kuning bertuliskan “Komputer Tidak Terhubung” atau “Computer not connected” akan muncul di antarmuka WhatsApp Web pada komputer Anda jika ada gangguan koneksi.

Masalah pada koneksi Wi-Fi tertentu

Pusat bantuan WhatsApp juga menyatakan adanya kemungkinan akses WhatsApp Web memang diblokir atau dibatasi di jaringan Wi-Fi tertentu. (man)

Loading...