Waspada, Kasus Covid di Tanjungpinang Meningkat

Loading...

Suarasiber.com – Wali Kota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP didampingi Sekda Drs Teguh Ahmad Syafari meminta jajaran di bawahnya untuk mengedalikan laju Covid-19.

Perintah ini terkait peningkatan kasus terkonfirmasi Covid-19 di Tanjungpinang. Hingga 21 Maret ini sudah sekitar 69 kasus, padahal sebelumnya sudah mulai menurun.

Rahma mengatakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro bisa dioptimalkan agar pengendalian wabah lebih terfokus dan efektif.

Hal itu disampaikan Rahma saat melaksanakan Rapat Koordinasi Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Tanjungpinang di Aula Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah, Kantor Wali Kota Tanjungpinang, Senin (22/3/2021).

Jika mendesak, PPKM skala mikro di lingkup RT/RW bisa diperketat. Masyarakat juga diimbau untuk senantiasa menerapkan 3M dan 3T.

Untuk pemberlakuan PPKM mikro, Rahma juga meminta para Camat dan Lurah melakukan pemetaan zonasi penyebaran Covid-19 secara mendetail. Pemetaan diperlukan hingga tingkat kelurahan, RW dan RT.

“Segera lakukan pemetaan secara mendetail terkait penyebaran Covid-19 di wilayah bapak dan ibu masing-masing, sehingga kita bisa mengetahui secara langsung dilakukan 3T yaitu testing, tracing dan treatment,” jelasnya.

Menjelang Ramadan protokol kesehatan wajib khususnya di pasar, swalayan, masjid dan tempat-tempat keramaian.

Di masjid dan musala, Rahma meminta karpet kembali digulung, mengatur jarak shaf dan membawa sajadah serta mengenakan masker. Di pusat belanja ia meminta Satpol PP melakukan imbauan atau peringatan kepada pembeli atau pedagang untuk menerapkan protokol kesehatan.

Kapolres Tanjungpinang AKBP Fernando mengatakan pihaknya telah menurunkan Bhabinkamtibmas.

“Jika kita semua kompak, guyub dan saling bersinergi serta PPKM berjalan optimal ditambah dengan Kampung Tangguh berjalan optimal, saya yakin angka penyebaran Covid-19 di Kota Tanjungpinang dapat menurun,” kata Kapolres penuh rasa optimis. (mat)

Loading...