free page hit counter

Wagub Kepri Resmikan Galeri UMKM di Gebyar Melayu Pesisir

Loading...

Suarasiber.com – Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina meresmikan Galeri Dekranasda Batam, Rabu (3/3/2021). Peresmian dilakukan sejalan dengan pembukaan Gebyar Melayu Pesisir.

Galeri tersebut akan menyediakan produk-produk unggulan khas Batam. Dengan adanya galeri ini akan mempermudah wisatawan atau warga yang mencari cinderamata khas Batam.

Marlin Agustina gembira bisa meresmikan galeri UMKM tersebut. Ia juga merespons rencana Wali Kota Batam, HM Rudi, yang ingin memiliki pusat UMKM. Ia berharap tersedia lahan dan Pemprov Kepri siap membantu pembangunan fisiknya.

“Bisa kita bangun fisiknya secara bertahap. Yang penting sudah tersedia lahannya,” ujar Marlin.

Terkait harga produk UMKM yang dipasarkan, Marlin mengatakan harga yang diberikan sudah berdasarkan survei.

Wali Kota HM Rudi yang hadir pada pembukaan ini berharap galeri UMKM menjadi momentum pemulihan ekonomi untuk memakmurkan rakyat Batam melalui peran pelakunya.

“Kita ingin membangkitkan ekonomi melalui UMKM. Kalau bisa, kita siapkan lahan bangun satu tempat menjadi pusat seluruh UMKM yang ada di Batam ini. Galeri ini tidak bisa memuat seluruh UMKM yang ada di Batam,” ujarnya.

Karenanya, ia mengingatkan agak masyarakat tidak perlu takut divaksin. Sebab semua rencana tidak ada apa-apanya kalau penyebaran corona tidak bisa dikendalikan.

Sementara Kepala Dinas Perinduatrian dan Perdagangan (Disperindag) Batam, Gustian Riau, mengatakan Gebyar Melayu Pesisir dibuat hasil kerj sama Disperindag Batam, Kantor Perwakilan BI Provinsi Kepulauan Riau, dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Batam.

“Galeri ini terintegrasi dengan paket pariwisata dengan menghadirkan 45 tenant untuk memenuhi kebutuhan oleh-oleh premium bagi wisatawan,” kata Gustian.

Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Kepulauan Riau, Musni Hardi K Atmaja, mengatakan kegiatan tersebut Sebagai bentuk dukungan produk lokal dan mendukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI), Gerakan Bangga Berwisata Indonesia (GBWI), dan Karya Kreatif Indonesia (KKI).

“Ini sinergi BI bersama Pemprov Kepri, Pemko Batam, dan Dekranasda Batam sebagai langkah globalisasi dan digitalisasi UMKM dan pariwisata,” ujarnya.

Yang menarik dari gelaran ini, pembayaran transaksi dilakukan secara digital melalui QRIS. Ia berharap event ini menjadi kegiatan rutin setiap tahun untuk membangkitkan UMKM Batam dan Kepri. (zai)

Loading...