Ribuan Warga dari Bintan, Tanjungpinang dan Batam Semarakkan Tradisi Ziarah Merohom di Makam Bukit Batu

Loading...

Suarasiber.com – Ribuan orang, terdiri dari warga Kabupaten Bintan dan beberapa dari Kota Tanjungpinang dan Batam berkumpul di Makam Bukit Batu, Kamis (11/3/2021).

Mereka sudah datang secara berbondong-bondong sejak pagi. Kedatangan mereka ada yang untuk melakukan tradisi ziarah yang disebut Merohom.

Ada juga yang sengaja datang hanya untuk menyaksikan bagaimana tradisi ini dijalankan. Namun semuanya berbaur dengan hangat.

Tradisi selalu dilakukan setiap tahun, pada tanggal 27 Rajab seperti hari ini.

tradisi-ziarah-merohom-1
Ribuan Warga dari Bintan, Tanjungpinang dan Batam Semarakkan Tradisi Ziarah Merohom di Makam Bukit Batu. Foto – ztr

Warga tidak datang dengan tangan kosong. Mereka membawa serta nasi kuning, telur dan bunga. Di sekitar makam, pemandangan yang khas pun terlihat. Sekeliling makam seolah taman bunga warna warni.

Di Bukit Batu terdapat enam makam yang batu nisannya dari batu alam dibungkus dengan kain kuning.

Diantaranya Makam Megat Sri Rama, Dang Sri Bani, Dang Serene, Dang Menini dan Dang Pok.  Mereka adalah anggota keluarga Kerajaan Bintan.

tradisi-ziarah-merohom-2
Ribuan Warga dari Bintan, Tanjungpinang dan Batam Semarakkan Tradisi Ziarah Merohom di Makam Bukit Batu. Foto – ztr

Seorang warga dan peserta Ziarah Merohom, Sufaat, mengakui tidak tahu kapan sejatinya tradisi ini dimulai. Ia sendiri melakukannya karena nenek moyangnya sudah melakukan tradisi tersebut.

“Merohom sudah menganak cucu bagi kami masyarakat Bukit Batu. Dabn saya rasa juga bagi sebagian masyarakat Bintan,” tuturnya.

Tradisi ini terus dilestarikan karena saat ini justru menjadi wisata religi. Itulah sebabnya mengapa terdapat ribuan orang, karena ada yang dari Kota Tanjungpinang dan Kota Batam. (ztr)

Loading...