free page hit counter

Peralatan Berkebun Ini Wajib Ada bagi yang Hobi Bercocok Tanam

Loading...

Suarasiber.com – Peralatan berkebun adalah hal wajib bagi siapapun yang hobi bercocok tanam atau berkebun di pekarangan rumah. Hobi yang sangat menyenangkan dan obat stres.

Juga memberikan dampak yang baik bagi lingkungan sekitar. Sekaligus, mampu memenuhi kebutuhan sendiri. Jika hobi berkebunnya diarahkan ke tanaman dapur.

Bahkan, bisa menghasilkan uang jika tanaman yang dikebunkan diarahkan ke bunga-bungaan yang sedang trending. Dan, punya nilai ekonomis di pasaran.

Hobi yang punya dampak positif ini, sejatinya tidak memerlukan banyak perlengkapan berkebun.

Alat2 berkebun itu sebatas membantu meringankan pekerjaan. Sedangkan yang terpenting adalah niat. Anda juga berniat menyediakan tanaman dalam ruangan yang menyehatkan, klik di sini.

Meski demikian diperlukan juga sejumlah perlengkapan berkebun di rumah. Untuk menanam sayuran di rumah atau bunga-bungaan.

Peralatan Berkebun

Sejumlah peralatan berkebun yang wajib ada dan diperlukan itu antara lain, adalah:

Cangkul

Cangkul diperlukan untuk membantu mengolah tanah, baik yang di lahan maupun di pekarangan rumah.

Paling tidak dengan bantuan cangkul jadi lebih mudah mencampur dan mengaduk tanah. Untuk membuat media tanam.

Pilih cangkul yang tidak terlalu besar, jika digunakan untuk peralatan berkebun di rumah. Dan, buat tangkainya yang tidak terlalu panjang.

Sekop, Alat Berkebun Kecil yang Berguna

Seperti halnya cangkul, sekop diperlukan untuk membantu kita mengolah tanah. Selain untuk memindahkan media tanah ke tempat yang sudah ditentukan.

Cangkul dan Sekop Kecil

Dua alat2 berkebun ini sangat diperlukan saat mengolah tanah dalam jumlah terbatas. Juga untuk memindahkan media tanam ke dalam pot atau polybag.

Perlengkapan berkebun di rumah ini juga menghemat banyak energi, dibandingkan menggunakan yang berukuran besar atau standar.

Sarung Tangan

Sarung tangan jadi perlengkapan berkebun yang masuk daftar list harus ada. Meski bagi sebagian orang, bukan sebuah kebutuhan penting.

Namun, bagi penghobi yang punya pekerjaan lain di kantor atau di mana saja, sarung tangan perlu untuk melindungi jari jemari.

Ada banyak jenis sarung tangan, tergantung akan digunakan untuk apa. Sebaiknya, pilih yang paling nyaman dan paling melindungi jari jemari.

Sabit

Sabit menjadi peralatan berkebun yang wajib dimiliki, untuk membantu membersihkan rumput atau ranting pohon.

Tidak semua orang bisa menggunakannya. Karenanya harus hati-hati bagi yang belum fasih memakainya.

Gunting Dahan

Sejumlah tanaman memerlukan gunting khusus, untuk memotongnya. Batang tanaman yang kecil tapi liat bisa dipotong tanpa merusak dahan lainnya demgan gunting dahan.

Garpu Tanah Kecil

Salah satu alat2 berkebun yang penting adalah garpu tanah kecil. Gunanya untuk membongkar dan mengurai tanah di media tanam yang sudah padat.

Jangan Lupakan Peralatan Berkebun Selang Air

Selang air jadi peralatan berkebun yang vital, apalagi jika tanaman yang akan disiram berjumlah banyak. Dan, berada di pekarangan atau tempat yang luas.

Ember dan Gayung

Ember dan gayung bukan saja untuk keperluan di kamar mandi atau dapur. Tapi juga sebagai perlengkapan berkebun di rumah. Karena nyaris emua tanaman butuh air setiap hari.

Penyiram

Selain ember dan gayung, alat penyiram juga wajib ada. Apalagi, aktifitas penyiraman adalah salah satu bagian yang menyenangkan dari berkebun atau bercocok tanam di rumah.

Pot atau Polybag

Pot dan polybag bukan hanya untuk menanam sayuran di rumah. Tapi juga wadah untuk media tanam segala jenis tanaman. Cari dan pilih sesuai dengan tanaman yang akan ditanam. Ada banyak ukuran dan model yang dijual, Anda tinggal memilih.

Peralatan Berkebun Berupa Semprotan

Semprotan atau sprayer digunakan untuk berbagai keperluan saat beraktitas dengan tanaman. Bisa digunakan untuk menyemprot pupuk atau obat tanaman.

Juga untuk menyiram benih tanaman yang baru tumbuh dan memerlukan air dalam jumlah terbatas.

PH Meter

Penghobi bercocok tanam paham bahwa setiap tanaman perlu PH tanah yang sesuai, untuk tumbuh dengan baik. Jika PH tanah tak sesuai, dirawat dan dipupuk sebaik apapun tanaman tidak akan tumbuh dengan baik.

Kebanyakan orang akan meraba atau menebak PH tanah, minimal menetralkannya dengan kapur dolomit. Akan tetapi langkah terbaik yang harus dilakukan adalah mengukurnya dengan PH meter.

Alat ini banyak dijual di toko pertanian atau secara online. Harganya juga beragam, ada yang puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Ada banyak lagi jenis perlengkapan berkebun di rumah. Dan, semuanya untuk membantu memudahkan pekerjaan bercocok tanam.

Meski begitu tidak semuanya juga diperlukan, tergantung pada kegiatan bercocok tanam yang dilakukan. Sesuaikan saja jenis tanaman, luas pekarangan dan lainnya dengan peralatan berkebun. (mat)

Loading...