Cara Mudah Mencangkok Pepaya California Anti-Gagal

Loading...

Suarasiber.com – Pepaya California adalah salah satu jenis pepaya yang digandrungi pasar. Karena, daging buahnya yang tebal dan rasanya yang sangat manis.

Selain karena nilai ekonomisnya. Itu sebabnya banyak orang ingin mengembangkan tanaman buah ini.

Dan, salah satu cara yang digunakan untuk mendapatkan bibit yang bagus, adalah dengan cara mencangkok.

Ada banyak keuntungan menanam.pepaya dari bibit cangkokan. Antara lain, buah yang dihasilkan identik dengan buah dari induknya.

Kemudian, tanaman bisa langsung berbuah dan pohonnya pendek.Sehingga memudahkan perawatan tanaman.

Mencangkok Pepaya California

Untuk pencangkokan dipilih dari cabang batang pohon pepaya. Pilih cabangnya yang bagus dan bakal bunga yang lonjong sudah kelihatan.

Batang pepaya memang mudah dicangkok dan dalam waktu tiga sampai empat minggu sudah keluar akarnya.

Setelah berusia sekitar enam minggu sejak dicangkok, bibit baru itu sudah bisa dipanen atau dipotong dari induknya dan ditanam ke pot atau ke kebun.

Bahan

Bahan yang diperlukan untuk mencangkok pepaya california, adalah:

  • Cabang pohon pepaya yang sudah sebesar lengan
  • Pisau yang tajam
  • Tanah humus berpasir atau cocopeat
  • Plastik gula ukuran setengah kg
  • Tali rafia
  • Bawang merah 1 siung
  • Potongan plastik gelas air mineral

Langkah

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mencangkok pepaya california:

  • Sayat cabang batang pepaya dari bawah ke atas hingga ke pertengahan batang. Panjangnya sekitar 15 cm.
  • Selipkan potongan plastik gelas air mineral di sela sayatan yang sudah dibuat.
  • Masukkan tanah humus atau cocopeat ke dalam kantung plastik gula, ikat erat ujungnya setelah dibasahi dengan air.
  • Belah membujur bagian tengah plastik yang sudah diisi media tanam.
  • Tempelkan belahan plastik tadi ke bagian cabang pepaya yang sudah dibelah dan disisipi potongan plastik gelas air mineral.
  • Ikat media tanam di dalam kantung itu ke batang pepaya yang dicangkok.
  • Setelah selesai dipasang media tanam, usahakan ditutup dengan plastik hitam dan tunggu sekitar tiga sampai empat minggu.
  • Saat itu akar pepaya dari cangkokan sudah keluar dan biarkan selama satu atau dua minggu berikut. Dan, bibit tanaman pepaya california siap dipanen serta ditanam.

Manfaat Pepaya California

Sumber foto: instagram.pawon_buah

Berikut ini beberapa manfaat dari pepaya california yang wajib Anda ketahui:

Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Manfaat buah pepaya yang pertama adalah membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Vitamin A dan vitamin C dalam pepaya dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah perkembangan infeksi.

Mengonsumsi buah pepaya secara rutin, akan menciptakan lapisan pelindung terhadap bakteri dan virus yang juga bisa menyebabkan flu, batuk dan pilek.

Mencegah penyakit jantung

Manfaat buah pepaya lainnya adalah untuk mencegah penyakit jantung. Ini dikarenakan adanya kandungan serat, kalium dan vitamin yang dapat mencegah penyakit jantung.

Peningkatan asupan kalium diketahui dapat mengurangi efek buruk penyakit jantung. Itulah mengapa penting bahwa kamu memiliki sepotong buah pepaya tiap harinya.

Mencegah pembekuan darah

Pembekuan darah di dalam tubuh dapat memperlambat sirkulasi darah dan menyumbat arteri. Dalam kasus yang parah, itu bahkan dapat menyebabkan serangan jantung atau strok.

Nah, manfaat buah pepaya untuk kesehatan bisa mencegah pembekuan darah. Hal ini karena pepaya mengandung zat yang dikenal sebagai fibrin yang bisa meningkatkan aliran darah.

Pepaya California dan kesehatan pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dalam pepaya dipercaya mampu memperlancar sistem pencernaan. Selain itu, mengonsumsi buah pepaya setiap harinya bisa memenuhi kebutuhan serat harian.

Potong pepaya menjadi beberapa bagian (bentuk dadu), lalu peras satu buah jeruk nipis, kemudian taburkan sedikit gula di atasnya. Masukkan ke dalam kulkas, dan santap ketika buah pepaya mulai dingin.

Mengurangi peradangan

Manfaat buah pepaya untuk mengurangi peradangan. Pasalnya, pepaya mengandung enzim yang disebut papain dan chymopapain yang memiliki efek antiinflamasi dan mengurangi risiko menderita penyakit kronis.

Enzim ini juga dapat mengobati masalah lain yang terkait dengan peradangan seperti edema.

Memiliki kandungan nutrisi yang penting untuk tubuh

Pepaya adalah sumber vitamin yang sangat baik dengan sifat antioksidan seperti vitamin A, vitamin E dan vitamin C. Buah berwarna oranye ini juga memberikan vitamin B kompleks dan mineral seperti potasium, tembaga dan magnesium.
Vitamin dan mineral ini bekerja bersama untuk mendukung regenerasi sel dan membantu mencegah penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas. Manfaat buah pepaya dalam hal ini adalah memasok nutrisi yang penting untuk tubuh.

Menyehatkan tulang

Dengan mengonsumsi buah pepaya bisa mencukupi kebutuhan vitamin K untuk kesehatan tulang yang baik.

Karena melakukan tindakan dalam mengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium dan dapat mengurangi ekskresi ekskresi kalsium.

Sebagai cadangan energi

Selain berfungsi untuk memperlancar pencernaan, manfaat buah pepaya ternyata juga dapat memberikan cadangan energi untuk Anda yang memiliki banyak aktivitas.

Selain bisa menjadi cadangan energi yang membuat Anda tidak mudah lelah, buah pepaya juga bisa membantu Anda untuk mendapatkan tidur nyenyak setiap malam dan tidak mengalami insomnia.

Memperbaiki daya tahan tubuh

Pepaya mengandung vitamin C sebanyak 33 persen lebih banyak dibanding buah jeruk. Hal ini menjadikan manfaat buah pepaya bisa diandalkan untuk membantu memulihkan kondisi tubuh setelah sakit.

Mencegah kerutan

Vitamin E pada pepaya membuat manfaat buah pepaya untuk wajah adalah menghentikan kerusakan seluler dan juga mencegah pembentukan kerutan.

Vitamin A bertanggung jawab menampilkan kulit yang halus dan tidak bernoda. Vitamin C dan E meningkatkan produksi kolagen sehingga mempertahankan kekencangan kulit.

Mencerahkan kulit wajah

Vitamin pada pepaya membantu mengurangi stres pada kulit dan mengangkat sel kulit mati. Hal ini memberikan efek rileks, sehat, cerah dan segar.

Selain itu Pepaya mengandung antioksidan dan juga menutrisi kulit wajah sehingga terasa lembut dan kenyal.

Cara mendapatkan manfaat buah pepaya untuk wajah adalah dengan menggunakan masker pepaya selama 20 menit kemudian bilas hingga bersih dengan air dingin.

Pepaya California dan Jerawat

Manfaat buah pepaya untuk wajah selanjutnya adalah mengatasi jerawat. Jerawat dan pori-pori yang besar merupakan dua permasalahan kulit yang paling ditakuti. Untuk meredakannya Anda bisa menggunakan masker pepaya secara rutin.

Selain itu, masker ini juga bermanfaat membantu menyamarkan noda hitam bekas jerawat dan flek hitam yang membandel. Campurkan pepaya dengan lemon dan madu untuk mewujudkan formula masker alami yang lebih sempurna.

Itulah beberapa hal tentang pepaya california, Anda bisa praktik mencangkok hingga mengonsumsinya karena manfaatnya. Anda juga bisa membaca artikel tentang alpukat miki di sini. (mat)

Loading...