Pakan Burung Beo Agar Aktif Ngoceh

Loading...

Burung beo adalah salah satu burung pemakan buah di alam liar dan burung ini juga mudah bosan dengan makanan mereka. Oleh karena itu, Pakan Burung Beo yang diberikan harus sangat diperhatikan nutrisinya.

Kita juga tidak bisa sembarangan memberikan makanan pada burung beo yang dipelihara. Ada beberapa jenis makanan yang bernutrisi, dan ada pula makanan yang berpotensi menjadi racun bagi si beo tersebut.

Namun, seringkali pemilik burung beo salah menilai, mereka beranggapan dengan memberikan makan dan minum itu sudah sesuai dengan tata cara perawatan yang sesungguhnya.

Burung beo juga butuh perawatan khusus, dan juga memperhatikan asupan makanan yang seimbang. Dengan asupan makanan yang baik, burung beo akan tetap sehat dan aktif berbicara.

Burung yang sehat adalah burung yang mendapatkan makanan terbaik. Nah, berikut ini adalah daftar Pakan Burung Beo yang bernutrisi tinggi.

Menjadi salah satu burung eksotis yang banyak dipelihara di rumah-rumah di Indonesia, burung beo tergolong burung yang cerdas.

Burung beo dikenal dengan kemampuan uniknya seperti menirukan ucapan manusia. Bahkan mereka bisa mengucapkan satu kalimat dengan lancar dan fasih.

Banyak pemelihara burung beo yang memastikan peliharaannya mendapatkan nutrisi yang tepat. Sehingga menentukan makanan burung beo adalah hal yang sangat penting.

Makanan Burung Beo Agar Ngoceh

pakan-burung-beo (3)

Di bawah ini adalah beberapa pilihan pakan burung beo yang jika diberikan dengan benar bagus hasilnya. Dalam hal ini burung beo peliharaan kalian akan aktif ngoceh.

1. Pelet

Pakan atau Pelet bagi burung beo sudah tersedia banyak dijual di toko burung atau Pet shop

Namun meskipun makanan terbaik, bernutrisi, dan mudah dikonsumsi, pelet bukan hanya satu-satunya makanan yang tepat untuk burung beo.

Sebab ada kandungan zat besi yang cukup tinggi yang bisa menyebabkan burung beo keracunan atau mengalami hemokromatosis.

Dan tentunya perlu berhati-hati dalam memilih merek pelet yang baik, karena merek pelet yang murah umumnya mengandung banyak bahan kimia tambahan yang berbahaya.

Di sisi lain, tekstur pelet yang kering juga membantu agar kotoran burung beo tidak berantakan dan cair. Sehingga akan sangat mudah untuk membersihkannya.

2. Buah-Buahan

pakan-burung-beo (4)

Salah satu makanan burung beo biar cepat bicara adalah dengan buah-buahan. Ada banyak buah-buahan segar yang bisa dikonsumsi oleh burung eksotis satu ini.

Buah memberikan asupan vitamin bagi burung beo. Buah bisa diberikan di siang hari dengan jenis yang bervariasi.

Umumnya, pemilik burung beo memberikan buah seperti pisang dan pepaya. Dua buah ini selain kaya vitamin juga mudah ditemukan di mana-mana.

Selain itu, kandungan seratnya yang cukup tinggi bisa membantu pencernaan agar lebih sehat dan tidak membuat burung beo rentan kegemukan.

Buah lainnya juga bisa diberikan agar tidak cepat bosan, seperti apel, kelengkeng, tomat, atau pir. Sebaiknya cuci dengan bersih dan potong-potong kecil terlebih dahulu agar aman dimakan.

3. Serangga atau Telur Kroto

pakan-burung-beo (2)

Selain vitamin, burung beo juga memerlukan protein untuk tetap sehat. Nah, mungkin kamu bertanya-tanya, makanan burung beo apa yang bisa memenuhi kebutuhan protein?

Burung beo tidak hanya mengonsumsi buah-buahan, namun juga bisa memakan berbagai macam serangga kecil, seperti jangkrik, belalang, dan ulat Hongkong.

Untuk makanan jenis ini, bisa diberikan seminggu sekali agar menu Pakan Burung Beo jadi bervariasi dan tidak cepat bosan dan mempunyai nafsu makan yang baik.

Makanan populer lainnya yang juga bisa memenuhi nutrisi protein adalah telur dan larva kroto. Kandungan nutrisinya bahkan cukup tinggi untuk membantu agar burung beo tetap sehat.

Pastikan pakan burung beo disimpan di tempat yang kering agar tidak memicu tumbuhnya jamur yang bisa menyebabkan racun dan berbahaya bagi kesehatan burung beo.

4. Sayuran

Burung beo juga bisa mengonsumsi sayur-sayuran segar, terutama yang memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Seperti timun, sawi putih dan jagung muda.

Agar burung beo lebih mudah saat memakannya, sebaiknya sayuran dipotong kecil-kecil terlebih dahulu. Kira-kira sesuai dalam satu gigitan.

Kemudian pemberian sayuran ini tidak perlu sesering buah, kamu bisa membuat menu selang-seling dengan serangga atau kacang-kacangan.

Sebelum memberikannya, cuci bersih terlebih dahulu. Kemudian pastikan kamu memberikan Pakan Burung Beo seperti sayuran yang baru apabila sudah disajikan selama satu hari.

5. Air untuk minum dan mandi

Satu hal yang tidak bisa dilupakan dari pemberian pakan burung beo adalah air segar untuk minum. Di samping itu perlu kita ketahui bahwa burung beo senang sekali mandi untuk membersihkan kotoran atau kutu. Karena dengan mandi sendiri dia bisa menjaga kebersihan bulu agar tetap mengkilat, serta mengganti setidaknya satu kali dalam sehari, atau saat wadah air tersebut sudah kotor dan dipenuhi oleh sisa-sisa makanan.

Wadah tersebut juga sebaiknya dicuci bersih dengan menggunakan sabun cuci dan air. Jangan membiarkan wadah tersebut kotor selama berhari-hari.

6. Biji-Bijian

Meskipun biji-bijian bukanlah makanan pokok bagi burung beo, namun biji-bijian sejatinya memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi hewan ini. Seperti halnya pelet, banyak sekali formula biji-bijian yang bisa Sobat berikan kepada burung beo.

Di toko yang biasa menjual pakan burung, biasanya sudah disediakan campuran biji-bijian. Namun kamu juga bisa membeli beberapa biji-bijian dengan mencampurnya sendiri untuk memberikan racikan yang lebih sesuai.

Memberikan biji-bijian ke burung beo seperti halnya memberikan manusia sebuah permen. Biji-bijian hanyalah sebagai camilan yang enak untuk dimakan burung beo.

Tapi ingat, hanya boleh diberikan sesekali saja. Kamu boleh memberikan beberapa biji-bijian sebagai hadiah untuknya apabila ia menuruti perintah darimu saat dilatih.

7. Vitamin Tambahan

pakan-burung-beo (1)

Meskipun banyak pilihan Pakan Burung Beo di atas yang sudah mempunyai nutrisi yang tinggi, burung beo tetap membutuhkan yang namanya vitamin. Sebagai tambahannya, kamu bisa membeli vitamin dan juga beberapa mineral dari toko yang biasa menjual perlengkapan burung.

Pemberian vitamin juga bisa dilakukan dengan cara memberikannya langsung ke dalam mulut beo.

Selain itu, kamu juga bisa mencampuri vitamin yang sudah kamu beli tadi dengan makanan atau minumannya. Pemberian vitamin pada burung beo tidak perlu dilakukan setiap hari, namun cukup dengan 1-3 kali dalam seminggu.

Usahakan memberi pakan burung beo dua kali sehari. Buanglah pakan yang tersisa di pagi dan malam hari karena sudah tidak layak konsumsi.

Dengan mendapatkan informasi tersebut, diharapkan burung beo yang kamu pelihara akan semakin sehat dan suaranya kencang. Yang ingin tahu sangkar burung beo terbaru, klik di sini.

Selain itu, dengan menjaga kesehatannya, burung beo juga bisa dapat aktif berbicara sehingga menambah keunikan dalam memeliharanya. Jangan sampai salah memberikan Pakan Burung Beo kesayangan kamu ya? (machfut)

Loading...