free page hit counter

Menu Berbuka Puasa untuk Diet, Agar Tetap Segar dan Sehat

Loading...

Suarasiber.com – Menu berbuka puasa untuk diet, diperlukan oleh sejumlah orang. Agar tetap segar dan sehat selama melaksanakan ibadah Ramadan tahun ini.

Ada banyak pilihan menu dan makanan yang terhidang saat berbuka. Sehingga, saat berbuka puasa terkadang berlebihan.

Sehingga, meski sudah berpuasa seharian namun kondisi badan justru semakin membulat. Apalagi, jika malamnya tidak melakukan aktfitas yang memerlukan banyak energi.

Karenanya, bagi yang ingin menjaga kondisi badan tetap stabil selama berpuasa harus memerhatikan menu saat berbuka.

Menu Berbuka Puasa untuk Diet

menu-berbuka-puasa-untuk-diet-4

Berikut sejumlah menu makanan yang disarankan saat berbuka:

Buah Kurma

Buah kurma kini dapat ditemukan dengan mudah di banyak tempat di Tanah Air. Apalagi, buah khas dari Timur Tengah ini sudah bisa dibudidayakan dan berproduksi di Tanah Air.

Ada banyak nutrisi yang terkandung di buah kurma, sehingga sangat dianjurkan bagi yang diet. Selain mengandung serat, kandungan nutrisinya antara lain glukosa, fruktosa protein, kalium, vitamin dan lainnya.

Karenanya, memakan tiga butir buah kurma saat berbuka puasa sangat dianjurkan bagi siapapun yang berpuasa. Termasuk, bagi yang sedang melaksanakan program diet.

Kentang

Kentang dianjurkan dikonsumsi sebagai sumber karbohidrat utama bagi orang yang sedang berdiet dan berpuasa. Selain mengenyangkan, kentang nyaris tidak mengandung lemak.

Dan, jumlah kalorinya juga tidak banyak. Meski begitu, kentang memiliki kandungan serat, protein, antioksidan dan lainnya. Di samping mengandung vitamin C dan B6.

Alpukat

menu-berbuka-puasa-untuk-diet-3

Salah satu buah yang disarankan untuk mereka yang berpuasa dan sekaligus berdiet, adalah mengonsumsi buah alpukat.

Buah yang mudah ditemukan di banyak tempat ini mengandung asam lemak tak jenuh dan sangat sehat bagi tubuh. Sekaligus membuat perut tidak cepat merasa lapar. Mau minumen kesehatan tubuh lainnya? klik tautan ini.

Alpukat yang dibuat jus juga mengandung banyak nutrisi. Antara lain kalori, karbohidrat, lemak, kalsium, besi, fosfor dan sejumlah vitamin. Antara lain vitamin A, Vitamin B1 dan vitamin C.

Sup

Mengonsumsi makanan yang dibuat sup, seperti sup ayam, sup jagung dan lainnya saat berbuka puasa dan berdiet, termasuk yang dianjurkan. Selain membuat perut cepat kenyang juga tidak mengandung kalori yang berlebihan.

Dengan catatan tentunya sup yang dibuat tidak mengandung kulit atau lemak santan. Sehingga, badan tetap fit dan sehat namun tidak membuat berat badan bertambah.

Daging

Sebagian orang yang diet menghindari daging, padahal daging tetap bisa dikonsumsi. Dan, dapat menjadi menu berbuka puasa untuk diet.

Tentunya daging yang akan dikonsumsi tidak yang memiliki banyak lemak. Selain itu, dianjurkan saat pengolahannya tidak menggunakan santan atau minyak goreng.

Artinya, daging bisa diolah dalam bentuk dibuat sup atau dipanggang tanpa menggunakan minyak makan.

Telur

menu-berbuka-puasa-untuk-diet-2

Telur adalah salah satu sumber makanan sehat yang dikonsumsi nyaris semua orang di seluruh dunia. Untuk menu berbuka puasa dan diet, telur juga dianjurkan karena banyaknya kandungan gizinya.

Sebutir telur juga banyak mengandung vitamin, antara lain vitamin A, vitamin B2, B6, B12 dan vitamin K serta vitamin E. Telur juga mengandung fosfor, kalsoum, selenium dan seng.

Telur sangat baik sebagai menu berbuka puasa untuk diet. Dan, dianjurkan dimasak tanpa menggunakan minyak makan.

Salad Buah

Salad buah dianjurkan untuk menu berbuka puasa bagi yang diet, karena makanan ini terbukti mengandung banyak serat. Sehingga, membuat perut merasa kenyang dalam waktu lama.

Itu sebabnya, mereka yang rutin mengonsumsi salad buah umumnya memiliki tubuh yang tidak banyak berlemak. Semangkuk salad buah tentunya akan membuat berbuka lebih segar dan nikmat.

Nasi Merah

Nasi merah disarankan menjadi menu wajib berbuka puasa untuk yang berdiet. Tentunya sudah diketahui banyak orang, bahwa kalori nasi merah lebih rendah dibanding nasi putih.

Itu sebabnya, rasa nasi merah terasa tawar di lidah. Namun, tetap membuat perut kenyang lebih lama.

Ikan

Ikan juga salah satu menu sehat yang sangat dianjurkan bagi siapapun. Termasuk, bagi yang berpuasa dan berdiet. Hanya saja, seperti halnya daging, ikan juga harus diolah tanpa minyak.

Jadi, ikannya bisa dibuat sup dan direbus atau dibuat dalam bentuk masakan ikan kukus.

Sayur

Ada bermacam jenis sayur-sayuran yang dikonsumsi banyak orang. Sayur mengandung banyak gizi dan serat yang diperlukan oleh tubuh. Karenanya, sayur disarankan menjadi menu berbuka puasa untuk diet. (mat)

Loading...