Makanan Anak Burung Lovebird yang Menyehatkan

Loading...

Suarasiber.com – Makanan anak burung lovebird pada dasarnya hampir sama demgan anakan burung lain. Namun demikian harus diketahui ilmunya agar pertumbuhannya sempurna.

Saat kita memelihara seekor atau beberapa burung, tentu kita juga wajib mengetahui makanannya. Saat merawat lovebird, harus tahu makanan bayi lovebird.

Pemberian makanan yang tepat akan membuat bulunya tetap rapi, berkilau, dan bersih, serta suaranya atau kekeknya bisa terdengar lebih panjang. Jangan asal samakan, misalnya pakannya dengan anakan burung beo.

Untuk anak burung Lovebird, sangat disarankan kepada peternak agar membiarkan induknya sendiri yang meloloh.

Induknya juga akan memilih mana anak yang sehat dan akan tumbuh menjadi dewasa. Anak yang tidak sehat akan dibiarkan mati oleh induknya.

Biasanya secara naluri induk burung akan mengetahuinya. Karena memang diciptakan seperti itu rahasianya.

Sedangkan bagi anda yang ingin memelihara dan meloloh sendiri anak burung, harus paham makanan lovebird anakan.

Untuk makanan anak burung, harus diperhatikan kebersihan, alat untuk meloloh, komposisi gizi, dan kandungan vitamin maupun mineralnya.

Beberapa makanan untuk anak burung bahkan harus diperhatikan keencerannya dan alat-alat yang digunakan untuk meloloh juga tidak sembarang.

Makanan Anak Burung Lovebird

Perhatikan langkah demi langkah membuat makanan untuk bayi lovebird.

  • Pertama siapkan terlebih dahulu blender, sendok dan juga timbangan.
  • Siapkan pelet atau voor fancy dengan takaran 450 gram
  • Sediakan juga bubur SUN
  • Berikutnya tepung jagung atau tepung maizena dengan takaran 360 gram
  • Bahan lainnya ialah rumput laut sebanyak 150 gram
  • Tambahkan juga Vitachick produk medion seberat 15 gram
  • Selain itu Neobro produk medion takaran 15 gram
  • Terakhir canary post produk Eka Farma dengan berat 15 Gram

Prose Pembuatan

Makanan untuk anakan lovebird yang baru menetas dapat dibuat dengan cara sebagai berikut:

  • Campurkan voor fancy dan maizena hingga rata.
  • Selanjutnya campurkan juga bubur SUN, vitachick, neobro dan canary post.
  • Terakhir, barulah campurkan bahan pertama dan bahan kedua hingga benar benar tercampur secara merata.

Penyimpanan dan Pemberian Makanan

Setelah makanan jadi dan siap, Anda bisa mulai memberi makan anak lovebird. Namun Anda juga bisa menyimpannya untuk kebutuhan di kemudian hari.

Hindarilah menyimpan di tempat-tempat yang lembab atau basah. Gunakan kemasan plastik yang bisa dibuka maupun ditutup agar lebih aman dan kedap udara dan mudah diambil.

Bagi yang ingin segera memberi makan anakan lovebird, encerkan dengan air hangat. Sehangat suam-suam kuku.

Buatlah makanan tersebut menjadi sedikit lebih encer apabila anak burung masih kecil. Seiring dengan perkembangan burung yang semakin besar dan semakin kuat, anda bisa mengurangi keenceran makanan yang anda berikan.

Anakan lovebird yang masih berusia satu bulan belum bisa mengkonsumsi makanannya sendiri. Dia membutuhkan bantuan dari induknya atau pemiliknya.

Makanan Anak Lovebird Agar Tak Kembung

Jangan dianggap hanya manusia yang mengalami kembung. Anakan lovebird juga bisa jika kita memberinya makan asal-asalan.

Untuk anakan lovebird di bawah satu bulan, biasanya ada yang memberinya bubur sun atau merek cerelac rasa kacang hijau.

Jika bubur ini susah untuk dicari, anda bisa menjadikan beras merah sebagai alternatif. Untuk pemberian makannya tidak terlalu sulit, anda bisa menggunakan spet.

Yaitu alat untuk meloloh anakan burung yang bentuknya seperti suntuikan. Anda bisa dengan mudah mendapatkannya di toko burung atau juga membuatnya sendiri.

Kembung pada anakan lovebird juga perlu dihindari. Pada saat memberinya makan, pastikan tidak ada gelembung udara didalam makanannya.

Agar proses pemberian makan lebih efektif dan tidak dimuntahkan lagi, anda bisa juga memasukan karet spetnya sampai kebagian tenggorokan.

Seiring bertambahnya usia lovebird, terus kurangi kandungan air campuran pakannya.

Agar proses pertumbuhan berjalan lebih cepat, anda bisa juga menambahkan vitamin untuk burung. Salah satu contoh vitamin yang sering diberikan untuk anakan lovebird adalah ebood joos.

Dengan pemberian vitamin ini diharapkan burung akan lebih kebal dari penyakit dan juga lebih gacor pada saat sudah dewasa nanti

Bedakan Berdasarkan Umur

Bayi lovebird jelas membutuhkan makanan dan nutrisi yang berbeda dengan lovebird dewasa. Breeder yang berpengalaman biasa memisahkan piyik dan induknya setelah berusia dua mingguan.

Kemudian breeder akan menyiapkan inkubator yang berisi lampu hangat sebagai rumah sementara bayi-bayi lovebird.

Dengan jadwal yang terukur, misalnya 3 kali sehari, bayi-bayi lovebird harus disuapi atau diloloh menggunakan bubur khusus.

Cara melolohnya adalah dengan menggunakan spet/syringe/suntikan khusus untuk memberi makan burung kecil dengan takaran tertentu. Breeder biasanya membuat pakan sendiri sesuai resep masing-masing.

Beberapa breeder menggunakan campuran haver (oat) dengan air, ada yang menggunakan bubur bayi komersil (misalnya bubur SUN), ada yang memberikan bubur biasa ditambah vitamin anak burung, dan ada pula yang menggunakan pakan komersil khusus burung.

Membuat pakan lolohan sendiri tidak boleh sembarangan. Breeder harus sudah mengetahui berapa takaran yang pas agar anakan burung tidak mengalami malnutrisi dan mati.

Breeder yang berpengalaman bisa mengira-ngira sendiri berapa takaran yang pas dan bagaimana kekentalannya.

Tetapi breeder pemula seringkali salah dalam membuat campuran hingga makanan bisa menggumpal di tembolok burung, menyebabkannya sakit dan mati.

Demikianlah ulasan tentang Makanan anak burung lovebird. (man)

Loading...