Cari Info Lahan Ala BP Batam, Makin Mudah, Ada Chat dan Zoomnya

Loading...

Suarasiber.com – BP Batam merilis Land Management System (LMS) Online Versi 2 untuk memudahkan pencarian informasi seputar lahan di Batam.

Informasi di dalamnya terdiri dari perizinan lahan, pengalokasian lahan, perpanjangan alokasi lahan, peralihan hak atas lahan, pelaporan hak tanggungan dan perubahan dokumen.

Juga ada informasi persyaratan prosedur, pengajuan, serta pengumuman yang terkait dengan perizinan lahan.

LMS Online ini dapat diakses oleh publik di laman lms.bpbatam.go.id. Pada versi 2-nya, menyediakan helpdesk sebagai sarana yang dapat digunakan pengguna untuk memperdalam informasi mengenai lahan atau menanyakan sesuatu berupa layanan lahan.

Pengguna dimanjakan dengan aplikasi ini. Tidak usah mendaftar, bisa langsung membaca informasi umum mengenai lahan.

“Namun apabila masyarakat ingin mengajukan salah satu layanan lahan, maka harus registrasi terlebih dahulu untuk mendapatkan akun LMS Online,” ujar Kasubdit Pelayanan dan Informasi Lahan BP Batam., Yarmanis, Sabtu (6/3/2021).

Caranya juga sangat mudah, tinggal mengunjungi halaman website LMS Online Versi 2. Lalu klik tombol resgitrasi, selanjutnya isi semua data yang dibutuhkan sistem.

Data akan divalidasi admin, dan diberitahu jawabannya melalui email pengguna untuk verifikasi akun LSM online.

“Karenanya pastikan emailnya benar dan masih aktif. Masih ingat kata kuncinya, usahakan email sendiri bukan punya orang lain. Karena hal ini berkaitan data pemilik dokumen lahan,” jelas Yarmanis.

Setelah akun telah aktif, maka pengguna dapat memilih jenis layanan lahan yang inginkan.

Kemudahan yang ditawarkan oleh aplikasi LMS-Online Versi 2 telah disesuaikan dengan masukan atau keluhan yang disampaikan oleh pengguna dan dibuat lebih sederhana, sehingga dapat mempermudah pengguna dalam menggunakan dan mencari informasi terkait lahan.

Pada versi 2 ini, LSM Online dilengkapi fitur livechat. Fasilitas ini bisa digunakan pada jam kerja BP Batam.

Bukan hanya konsultasi via tulisan, LSM Online versi 2 juga menyematkan teknologi konsultasi tatap muka atau zoom.

Direktorat Pengelolaan Lahan BP Batam juga menyediakan video pendek berupa tutorial cara registrasi akun LMS atau video mengenai proses konfirmasi dokumen lahan.

Banyak yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, nah Anda pasti akan mencobanya bukan? (man)

Loading...