Bupati Aunur: Anggaran Bukan Penentu Suksesnya Program, Lebih Penting Manfaatnya

Loading...

Suarasiber.com – Bupati Karimun, Aunur Rafiq mengatakan besar atau kecilnya anggaran bukan penentu suksesnya sebuah program. Lebih penting adalah seberapa besar dampak dan nilai manfaatnya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Hal ini disampaikan Aunur saat menghadiri Forum Lintas SKPD Kabupaten Karimun 2021, Rabu (10/3/2021), di Gedung Nilam Sari Kantor Bupati Karimun.

Menurutnya, Forum OPD adalah wadah untuk menyatupadukan usulan partisipasitif seluruh stakeholder pada tingkat kecamatan dengan teknokratik OPD dalam perencanaan pembangunan daerah.

Forum dilaksanakan setelah didahului Musrenbang tingkat desa/kelurahan dan tingkat kecamatan. Ini merupakan agenda rutin tahunan sesuai Permendagri Nomor 86 tahun 2017.

Bupati menekankan agar setiap program melibatkan masyarakat. Ia pun mengingatkan, proses terulit yang dihadapi ialah prioritas program di tengah keterbatasan dana.

forum-skpd-karimun-2021-2
Bupati Aunur: Anggaran Bukan Penentu Suksesnya Program, Lebih Penting Manfaatnya. Foto – humas karimun

Sebelumnya, Kepala Baperlitbang Djunaidy SSos MSi menyampaikan bahwa Musrenbang dilaksanakan di 12 kecamatan se-Karimun. Dimulai 18 Februari berakhir 4 Maret 2021. Kegiatan ini melibatkan 29 kelurahan, 42 desa, telah menghasilkan 187 usulan.

Usulan-usulan tersebut ditujukan ke Dispora 1 usulan, Dinkes 2 usulan, Dinas Lingkungan Hidup 2 usulan, Dinas Pangan dan Pertanian 1 usulan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan 1 usulan, Dinas PUPR 137 usulan, Dinas Pendidikan 7 usulan, dinas Perhubungan 18 usulan, Dinas Perikanan 6 usulan, dan Terakhir Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Keberhasilan 18 usulan.

Tiga usulan prioritas setiap desa/kelurahan dari masing-masing kecamatan yang dihasilkan pada musrenbang kecamatan diinput kedalam SIPD yang kemudian disinkronkan dengan rancangan awal (ranwal) renja OPD serta dibahas dan difilter melalui forum OPD yang dilaksanakan pada kegiatan ini. (adi)

Loading...