free page hit counter

Blusukan dari Kampung ke Kampung, Rahma Bantu Warga dengan Zakat Profesi ASN

Loading...

Suarasiber.com – Zakat profesi 2,5 persen yang dibayarkan ASN di Pemkot Tanjungpinang terbukti banyak membantu masyarakat. Dan dengan dana yang dikelola Baznas itulah Wali Kota Tanjungpinang blusukan ke kampung dan rumah sakit.

Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), membantu pelaku UMKM, bantuan untuk warga yang mengalami kesusahan, semua bisa diambilkan dari zakat tersebut.

Rahma mulai programnya pada November 2020 silam. Kala itu Pemkot Tanjungpinang membedah rumah di Seicarang. Lantaran dana yang digunakan bukan dari APBD, prosesnya tak bertele-tele.

Cukup melaporkan kepada RT, RW dan Lurah setempat, asalkan masuk dalam kategori 8 asnaf yang berhak menerima zakat, maka bisa dibantu.

Mareka yang termasuk kategori asnaf ata penerima zakat ialah fakir, miskin, muallaf, muslim, riqab, gharim, fisabilillah, serta ibnu sabil.

Bantuan juga diberikan untuk balita pengidap tumor mata, lansia penderita kanker paru-paru, lansia yang mengalami lakalantas, dan baru baru ini Rahma menyerahkan bantuan untuk bayi 9 hari yang mengalami pendarahan di lambung.

Si bayi saat ini dirujuk untuk operasi di sebuah rumah sakit di Batam. Pemkot Tanjungpinang memfasilitasi rumah singgah di sana.

Pemerintah juga mempermudah pengurusan administrasi yang dibutuhkan dengan dinas terkait. Untuk pelaku UMKM, pemerintah memberikan barang kebutuhan usaha seperti alat jaring, panci, kompor, gerobak jualan dan sebagainya.

“Agar usaha mereka dapat terus berjalan dan tidak gulung tikar di tengah pandemi ini,” tutur Rahma pada sebuah kesempatan.

Lantas, ada lagi Program Jumat Berkah, Sebutir Beras Segenggam Kasih Sayang. Rahma dan sejumlah pejabat berkeliling setiap Jumat bersama pejabatnya untuk membagikan bantuan sevara langsung.

“Ada yang bisa diakomodir melalui APBD, ada juga yang melalui zakat ASN,” ujar Rahma sambil mengatakan peranan Baznas di sini sangat membantu.

Dan Rahma melanjutkan kelimatnya, “Insya Allah segala bentuk bantuan yang diberikan sudah tepat sasaran dan penerima bantuan adalah mereka yang berhak menerima zakat.” (ztr)

Loading...