Presiden Jokowi Lantik Pasangan Gubernur – Wagub Kalimantan Utara dan Sulawesi Utara

Loading...

Suarasiber.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik dua pasang gubernur dan wakil gubernur dari Kalimantan Utara dan Sulawesi Utara.

Pelantikan dilakukan di Istana Negara dengan penyesuaian terhadap protokol kesehatan, Senin (15/2/2021).

Dilansir dari presidenri.go.id, pelantikan diawali dengan penyerahan petikan Surat Keputusan Presiden oleh Presiden Joko Widodo kepada gubernur dan wakil gubernur terpilih tersebut.

Pasangan gubernur – wagub terpilih hasil Pilkada 2020 itu adalah Zainal Arifin Paliwang dan Yansen TP (Kalimantan Utara) dan Olly Dondokambey dan Steven O.E. Kandouw (Sulawesi Utara).

Usai menerima surat petikan presiden, para gubernur dan wakil gubernur terpilih menjalani prosesi kirab menuju tempat pelantikan di Istana Negara bersama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang diiringi oleh pasukan kehormatan Paspampres yang dibatasi hanya sejumlah empat orang.

Selama prosesi kirab, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian turut mendampingi.

Pelantikan Zainal Arifin Paliwang dan Yansen TP dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 19/P Tahun 2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara Masa Jabatan Tahun 2021-2024.

Sementara Olly Dondokambey dan Steven OE Kandouw dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 21/P Tahun 2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Masa Jabatan Tahun 2021-2024.

Dilihat suarasiber dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, berikut ini sumpah jabatan yang diucapkan.

Saya bersumpah/berjanji bahwa saya akan memenuhi kewajiban sebagai gubernur/wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa.

Presiden mendiktekan penggalan sumpah jabatan di atas kepada masing-masing pasangan gubernur dan wakil gubernur.

Pelantikan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat dari Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma’ruf Amin kepada pasangan gubernur yang terpilih yang didampingi istrinya masing-masing. (mat)

Loading...