Kemenkes – TNI/Polri Lakukan Tracing Hingga Level RT

Loading...

Suarasiber.com – Kementerian Kesehatan RI bekerja sama dengan TNI/Polri melakukan testing, tracing dan treatment sampai ke pelosok desa ntuk memutus rantai penularan Covid-19.

Kerja sama ini, kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dilakukan untuk memastikan bahwa ini dilakukan sampai ke level paling kecil, paling rendah di seluruh desa dan kabupaten/kota, di seluruh RT dan RW.

”Peperangan (melawan Covid-19) ini dibutuhkan jaringan level terbawah, itu sebabnya kami bekerja sama dengan TNI dan Polri karena TNI dan Polri lah yang mempunyai jaringan intelijen, jaringan penghubung sampai ke level-level terkecil di bawah bekerjasama dengan masyarakat,” kata Menkes Mabes TNI, Jakarta, Selasa (9/2/2021).

TNI akan mengerahkan 27.866 Bintara Pembina Desa (Babinsa), 1.768 Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar), dan 102 Bintara Pembina Potensi Dirgantara (Babinpot Dirga) di 7 provinsi di Jawa dan Bali yang melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro.

”Sebelum diterjunkan ke wilayah kerjanya masing-masing para Babinsa, Babinpotmar, dan Babinpot Dirga akan diberi pelatihan menjadi tracer COVID-19, sehingga di samping bertugas sebagai penegak disiplin protokol kesehatan para prajurit TNI tersebut dapat membantu pemerintah untuk melaksanakan tracing COVID-19 di tengah masyarakat,” kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, seperti dibaca dalam rilis resminya.

Selain itu TNI juga telah menyiapkan tenaga kesehatan TNI sebagai vaksinator untuk mendukung program vaksinasi nasional yang telah dicanangkan. Saat ini TNI telah memiliki 1.008 vaksinator terverifikasi dan akan meningkatkan jumlah tersebut dengan melatih10.000 vaksinator baru. (mat)

Loading...