Tiga Bansos Disalurkan Serentak Mulai 4 Januari 2021

Loading...

Suarasiber.com – Kementerian Sosial mempercepat penyaluran Bansos untuk membantu mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) akibat pandemi Covid-19.

Ada tiga bansos yang disalurkan serentak se-Indonesia mulau 4 Januari kemarin, yaitu Program Keluarga Harapan (PKH), Program Kartu Sembako/Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

Dikutip dari @kenmensosri, Selasa (5/1/2021) dikatakan pemerintah telah menyiapkan anggaran di tahun 2021 sebesar Rp110 Triliun untuk bantuan sosial bagi seluruh penerima di 34 provinsi di Indonesia dalam rangka membantu masyarakat mengatasi dampak pandemi #COVID19 serta menggerakkan ekonomi nasional.

Program Keluarga Harapan (PKH)

Disalurkan dalam empat tahap yaitu bulan januari, Aprill Juli dan Oktober melalui Himpunan Bank Negara yaitu BNI. BRI, Mandiri dan BTN.

Program Kartu Sembako/Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)

Nilai bantuan yang diterima Rp200.000 per bulan per keluarga. Disalurkan melalui Himpunan Bank Negara yaitu BNI. BRI, Mandiri dan BTN.

Penyaluran berlangsung dari Januari hingga Desember 2021. Proses pencairan bantuan dilakukan di e-waroeng terdekat.

Bantuan Sosial Tunai (BST)

Nilai bantuan yang diterima Rp300.000 per bulan per keluarga yang disalurkan melalui PT Pos Indonesia selama empat bulan.

yaitu bulan Januari, Februari, Maret dan April 2021. Target penerimanya ialah 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di seluruh Indonesia.

“PKH bagi 10 Juta KPM disalurkan pada bulan Januari dengan anggaran sebesar Rp7,17 Triliun. Program Kartu Sembako untuk 18,8 juta KPM disalurkan pada bulan Januari dengan total anggaran Rp3,76 triliun. Dan Bansos Tunai untuk 10 juta KPM disalurkan pada bulan Januari dengan anggaran Rp13,93 Triliun,” ujar Mensos Tri Rismaharini.

Hal tersebut disampaikan Risma saat peluncuran bantuan tunai se-Indonesia tahun 2021 di Istana Negara, Jakarta, kemarin. (mat)

Loading...