free page hit counter

Hasanuddin: LBH Perpat adalah Cita-cita yang Akhirnya Terwujud

Loading...

Suarasiber.com – Rasa syukur diucapkan Hasanuddin SH kepada Allah SWT atas terbentuknya Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Persatuan Pemuda Tempatan (Perpat) Kepri di Batam, 12 Desember 2020 lalu.

Menurut Dewan Pendiri Perpat ini, pendirian LBH melalui serangkaian diskusi serta kajian yang cukup panjang. Salah satunya menengok sejarah bagaimana LBH yang didirikan almarhum Adnan Buyung Nasution di Jakarta bisa eksis.

“Bahkan memberikan peran dalam perjalanan negeri ini di masa itu,” tutur Hasanuddin kepada suarasiber, belum lama ini.

Bagi dirinya, adanya sebuah LBH di Perpat adalah keinginan yang terpendam lama. Ia menyebutnya sebagai sebuah cita-cita yang sekarang baru bisa diwujudkan.

Dimintai keterangan target yang ingin dicapai, ia mengatakan sementara ini LBH akan berjalan dahulu. Sebagai LBH yang baru, Hasanuddin mengatakan dibutuhkan orang-orang yang bertekad kuat untuk melayani masyarakat.

“LBH Perpat non profit. SDM-nya ada yang S1, S2 dan advokat. Bukan berarti yang bukan S1 atau S2 dan advokat nggak boleh bergabung. Ini bukan organisasi profesi, lebih ke nonlitigasi serta sosial,” Hasanuddin mempertegas.

Ia mempersilakan siapa saja yang memerlukan bantuan hukum bisa ke LBH Perpat. Tim yang ada akan mendampingi dan memperjuangkan hak hukumnya.

Sebelum mengakhiri percakapan, Hasanuddin mengatakan jika persoalan hukum tidak selamanya harus berakhir di meja hijau. Mediasi dan musyawarah adalah hukum tertinggi. (mat)

Loading...