Dapat Bansos Tunai Rp 300.000? Cek Segera di dtks.kemensos.go.id

Loading...

Suarasiberdotcom – Awal Januari 2021 dimulai pencairan Bansos Tunai Rp 300.000 dari Kementerian Sosial RI. Untuk mengeceknya cukup masuk ke laman dtks.kemensos.go.id.

Program bansos merupakan kebijakan yang sudah dimulai tahun sebelumnya dan diperpanjang tahun 2021 ini. Salah satu program yang diteruskan ke 2021 termasuk bansos tunai Rp 300 ribu/bulan.

Bagi Anda yang kesulitan untuk mengeceknya, silakan login ke https://dtks.kemensos.go.id. Bisa menggunakan laptop maupun smartphone.

Namun untuk bisa login tentu saja menggunakan identitas yang legal dan masih berlaku masa aktifnya.

Anda bisa login menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ada di Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK).

Juga nomor identitas yang diperoleh saat warga resmi terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang sempat disebut Basis Data Terpadu (BDT).

Selanjutnya, deretan nomor ID pada program Penerima Bantuan Iuran (PBI) program Kartu Indonesia Sehat (KIS) juga bisa digunakan.

Punya salah satu dari kartu identitas tersebut, maka Anda sudah bisa mengecek apakah nama Anda termasuk penerima Bansos Rp300.000 atau tidak.

Pada laman tersebut ada tombol login, klik saja setelah menginput nomor identitas.

Urutannya silakan ikuti di bawah ini:

  1. Pilih ID kepesertaan yang dimiliki
  2. Ketik nomor kepesertaan dari ID yang dimiliki
  3. Ketik nama sesuai ID
  4. Masukkan huruf kode yang terlihat dalam kotak
  5. Jika kode yang dimasukkan tidak sesuai, klik kotak kode untuk mendapatkan yang baru.

Dari laman resmi Kemensos, Bansos Rp300.000 bukan hanya masyarakat yang terdaftar di DTKS. Warga yang datanya tidak ditemukan dalam https://dtks.kemensos.go.id/login juga bisa mendapat bantuan.

Caranya ialah dengan usulan dari daerah. Pemerintah berharap agar bansos ini bisa membantu dan mengembalikan daya beli dan produktivitas masyarakat selama corona yang belum usai hingga saat ini. (mat)

Loading...