free page hit counter

Batu Miring Jebol, 9 Rumah Longsor Menimpa 5 Rumah Lain di Perum Graha Cenderawasih Tanjungpinang

Loading...

Suarasiber.com – Hujan dengan intensitas tinggi tanggal 1 dan 2 Januari 2021 menyebabkan bencana di Tanjungpinang.

Di Perumahan Graha Cendrawasih, Jalan Cendrawasih Batu 8 Atas, Kelurahan Batu IX, Kecamatan Tanjungpinang Timur, sebuah batu miring setinggi 5 meter longsor.

Akibatnya, 9 rumah tak lagi memiliki penahan sehingga ikut longsor menimpa 5 rumah warga lainnya.

Bongkahan bangunan dan rertuntuhan lain tampak berserakan di lokasi. Puing-puing beragam ukuran bercampur dengan tanah longsoran.

Dalam kejadian ini masyarakat bersyukur karena tidak terdapat korban jiwa.

Pada hari Sabtu (2/1/2021) Wali Kota Tanjungpinang Rahma bersama Kapolres Tanjungpinang AKBP Fernando dan Dandim 0315/Bintan Kolonel Inf I Gusti Ketut Artasuyasa langsung turun ke lokasi.

Perintah Rahma ke BPBD Kota Tanjungpinang ialah segera menyiapkan semua kebutuhan yang diperlukan bagi warga yang tertimpa musibah. Mereka diminta berkoordinasi dengan RT/RW setempat.

Sementara, warga yang rumahnya rusak ditampung di gedung TPQ Masjid At-Taubah yang berada tidak jauh dari lokasi bencana.

Kebutuhan warga seperti bahan pangan, alat masak umum, selimut dan kebutuhan lainnya akan disiapkan BPBD Kota Tanjungpinang.

Pemerintah, sebut Rahma, bertangung jawab karena perumahan tersebut telah diserahterimakan dari pengembang ke pemerintah.

Untuk perbaikan, ia mengatakan sebaiknya menunggu cuaca membaik.

Salah satu saksi mata, Ketua RT 02 RW 03 Perum Griya Cendrawasih Suwito menyebutkan longsor terjadi pukul 06.00 WIB saat hujan tengah mengguyur deras.

Total ada 14 rumah warga yang rusak akibat longsor. Mengingat longsor masih bisa terjadi, warga diungsikan sementara waktu.

Pada Sabtu (9/1/2021) TNI/Polri, Pemko Tanjungpinang dan Forkopimda serta masyarakat melakukan kerja bakti di lokasi longsor.

Sejumlah bantuan juga diserahkan untuk membantu meringankan beban warga yang tertimpa musibah di awal tahun ini. (mft)

Loading...