Pesantren Aa Gym Tutup Sementara Cegah Penyebaran Covid-19

Loading...

Suarasiberdotom – Pesantren Aa Gym, Daarut Tauhiid sementara waktu ditutup imbas Pandemi Covid-19. Seperti diketahui, Aa Gym mengumumkan dirinya positif Covid, kemarin.

Terpaparnya pria pemilik nama KH Abdullah Gymnastiar tersebut membuat Tim Gugus Tugas COVID-19 Kota Bandung dan Bandung Barat turun tangan.

Dinkes Kota Bandung, melakukan tracing di lingkungan keluarga Aa Gym yang ada di Kecamatan Sukasari, Kota Bandung.

“Sesuai dengan protap, tim Dinkes dan puskesmas sudah di lokasi untuk penyelidikan epidemiologi, kemudian tracing,” kata Kadinkes Kota Bandung Ahyani Raksanagara di Balai Kota Bandung, Selasa (29/12) kemarin, seperti dilansir suarasiber dari detik.com.

Disebutkan oleh Ahyani, pelecakan kepada yang lain dilakukan setelah pihaknya melacak anggota anggota keluarga dai kondang tersebut.

Pelacakan juga dilakukan terhadap orang-orang yang sudah melakukan kontak erat dengan Aa Gym.

Untuk mencegah penyebaran corona, Dinkes Bandung Barat melakukan tracing di kawasan Eco Pesantren Daarut Tauhiid, Parongpong, Bandung Barat.

“Soal tracing ke Eco Pesantren yang ada di Parongpong kami melalui Dinkes telah menurunkan tim medis dari puskesmas Ciwaruga melalukan tracing ke lingkup pesantren,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Bandung Barat Agus Ganjar Hidayat.

Jika hasil tracing diperoleh, maka kontak erat dari Aa Gym bakal langsung menjalani testing berupa rapid test. Jika hasilnya reaktif, akan ditindaklanjuti dengan menjalani swab test.

Pemerintahan setempat melakukan penyemprotan dinsifektan di pemukiman yang ada di sekitar masjid dan pondok pesantren.

Masjid dan pondok pesantren saat ini ditutup sementara dan juga dilakukan sterilisasi. Hal itu dilakukan untuk memutus penyebaran COVID-19.

Langsung Ditutup

Security Eco Pesantren Daarut Tauhiid, Dadan mengatakan penyemprotan pada hari itu sudah tiga kali dilakukan.

Hal tersebut merupakan langkah untuk mencegah penyebaran covid-19 yang bisa saja semakin meluas. Penyemprotan berjalan lancar karena kebetulan kegiatan santri pesantren Aa Gym ini setop total di awal Februari lalu.

Karena kawasan Eco Pesantren Daarut Tauhiid ditutup sementara, tamu tidak dapat berkunjung dahulu ke pesantren tersebut.

“Hari ini langsung ditutup sepenuhnya, tidak boleh ada tamu yang masuk. Biasanya ada orang tua yang datang cari informasi soal pendaftaran, tapi kita tidak layani dulu sesuai arahan pimpinan,” imbuh Dadan.

Pesantren Aa Gym

Pasantren Aa Gym yang lebih dikenal sebagai Ponpes Daarut Tauhiid memiliki sejumlah program. Yaitu dakwah, sosial dan wakaf produktif, pendidikan, wira usaha dan kultur islami.

Dikutip dari daaruttauhid.org, Rabu (30/12/2020), Pesantren Aa Gym memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat sekitarnya.

Contohnya, sejak kehadiran Aa Gym ke Kuningan pertengahan November lalu, Program Petani Tangguh di Desa Cisantana masih berjalan dengan baik hingga sekarang.

Program Petani Tangguh adalah program pemberdayaan perekonomian guna meningkatkan kehidupan ekonomi kelompok petani.

Kelompok petani di sini ialah petani mustahik, kemudian dilakukan pemberian hak guna lahan beserta sarana pendukungnya.

Selama ini, persoalan para petani yang ada di Desa Cisantana adalah kesejahteraan petani yang masih minim.

Hal ini salah satu fatornya karena posisi geografis desa yang terletak di kaki gunung tertinggi di Jawa Barat, yaitu Gunung Ciremai.

Untuk itu, Daarut Tauhiid (DT) Peduli Kuningan melalui program-program pemberdayaan di Desa Cisantana mencoba menjawab tantangan masyarakat saat ini.

Neneng, tim program DT Peduli Kuningan mengungkapkan, kelompok tani yang tergabung dalam binaan DT Peduli ini berjumlah 10 orang dengan usia beragam.

Usia petani termuda adalah 42 tahun dan usia petani tertuanya 77 tahun.

“Semoga dengan adanya program ini mampu meningkatkan keahlian manajemen usaha pertanian dan keuangan rumah tangga, khususnya di Desa Cisantana. Dan semoga pembinaan ruhiyah kepada kelompok petani pun menjadi jalan keberkahan untuk semuanya,” kata Neneng.

Ia dan teman-temannya pun bersyukur atas sentuhan Pesantren Aa Gym. (mat)

Loading...