Mobil Klasik, Pemahaman dan Daftar Harganya di Indonesia

Loading...

Suarasiberdotcom – Mobil klasik umunya menjadi sebutan warga Indonesia terhadap mobil keluaran lama. Asal terlihat tua disebutkan klasik.

Walau sebenarnya tidak seluruh mobil tua itu pantas disebutkan mobil klasik loh, tahu tidak di mana letak bedanya?

Padahal penyematan kata ‘klasik’ harus mengarah ke background produksi dari mobil itu. Background yang diartikan ialah masalah fragmen di mana mobil kuno itu bermain.

Merujuk pada kata klasik yang bermakna berharga, karena itu mobil keluaran lama yang pas disebutkan mobil klasik ialah mobil yang fragmennya diperuntukkan untuk kelas menengah ke atas.

Alias mobil eksklusif, atau yang dibuat secara terbatas. Contohnya Mercedes-Benz 200-Series 280C punyai komposisi dua pintu yang membuatnya masuk kelompok klasik.

Jika mobil tua yang dahulunya dibuat untuk mobil harian dan banyaknya banyak, tidak dapat disebutkan mobil klasik. Namun cukuplah dibilang mobil tua.

Walau demikian, bukan bermakna mobil yang secara merk punyai prestige dapat disebutkan klasik.

Misalkan Mercedes-Benz 200 empat pintu lansiran 1970-an, walau punyai merk Mercy, tetapi secara spesifikasi mobil itu dibikin untuk memproduksi harian. Jadi tidak masuk kategori.

Beda narasi dengan seri Mercedez-Benz 200 yang punyai dua pintu, itu terang klasik sebab ditujukan tidak untuk pemakaian harian.

Sebab komunitasnya yang sangat jarang VW Beetle lansiran 1947 naik kelas dan masuk kategori. Disamping itu beberapa mobil yang semula dengan status mobil tua ternyata bisa juga naik kelas jadi mobil klasik loh.

Itu dapat berlangsung jika komunitas mobil tua itu jadi sangat jarang, misalnya Morris Mini, VW Beetle lansiran tahun 1950 kebawah, dan VW Combi angkatan pertama.

Keunggulan Mobil Klasik

Kendaraan jenis ini mempunyai keunggulan yang tidak dipunyai oleh mobil waktu ini. Salah satunya yang paling harus jadi perhatian ialah sisi bodi. Jadi, untuk yang pengin beli mobil klasik harus memerhatikan body mobil itu tidak penyok dan mulus.

Keunggulan yang lain, umumnya masih mempunyai mesin yang real alias asli, hingga harga mahal. Karena mesin mobil yang langka dan bernilai, apa lagi bikinan 1940 ke bawah. Umumnya orang yang memilikinya akan rajin menjaga mesinnya.

Belakangan masyarakat Indonesia bisa mendapatkan berita sejumlah orang terkenal yang menyukai mobil klasik. Dari artis hingga pejabat.

6 Mobil Klasik Mahal di Indonesia

Toyota AE86

Nama Toyota cukup terkenal di telinga warga Indonesia, baik di periode sekarang atau periode lalu.

Toyota AE86 adalah salah satu kendaraan roda empat yang terkenal sebab keberadaan film Initial D. Kekuatan drifting yang diperlihatkan dalam film membuat fans Toyota makin jatuh cinta.

Desain headlampnya hampir serupa dengan Mazda Astina yang dapat ditempatkan dan dikeluarkan. Harga Mobil Toyota AE86 bahkan juga pernah ditawar pada harga Rp 1.7 Miliar yang pemiliknya seorang Tukang Tahu. Harga yang cukup fenomenal!

Alfa Romeo Duetto Spider

Mobil ini sudah tampil pada tahun 1970-an, jauh saat sebelum sang modern Alfa Romeo Spider 4C muncul. Mobil Duetto Spider ini membius banyak fansnya di Indonesia.

Alfa Romeo Duetto Spider nampak mempunyai watak modern yang paling ciri khas jika dibanding dengan Alfa Romeo 4C. Harga Alfa Romeo Duetto Spider dibandrol pada harga sejumlah Rp 700 Juta sampai Rp 800 juta-an.

Mini Morris

Karena Rowan Atkinson sebagai aktor taman sopir Mini Morris yang legendaris ini membuat mobil ini terkenal. Sebab keberadaan seri TV Mr. Bean yang sukses membuat Mini Morris produksi tahun 1976 jadi favorite orang Indonesia.

Dan belakangan ini, selebriti kaya Indonesia, Raffi Ahmad yang membelinya pada harga Rp 700 Juta yang membuat nama mobil ini kembali lagi populer di Indonesia.

Jeep Willys

Jeep perlu berbangga hati sebab di Indonesia Willys jadi salah satunya mobil dengan rekam jejak terhebat di kelas klasik. Willys yang legendaris ini sudah dipakai semenjak zaman Perang Dunia I dan II.

Hingga saat ini, masihlah ada club Jeep Willys di Indonesia yang dengan senang memperlihatkan mobilnya, disokong dengan keberadaan dan nilai riwayat yang berada di Jeep Willys ini. Umumnya harga mobil Jeep dibandrol dengan sejumlah Rp 500 juta-an sampai Milyaran.

Volkswagen Beetle

Volkswagen Beetle diketahui selaku sang Kodok legendaris yang menarik perhatian siapa saja yang menyaksikannya. Dengan mesin ciri khas Volkswagen yang ada di bawah kap mesin Beetle, wujud unik dan legendaris mode Beetle membuat mobil ini dibandrol pada harga tinggi di sejumlah wilayah di Indonesia.

Volkswagen usaha merestorasi dengan keberadaan New Beetle dengan tidak hilangkan daya tarik dari Beetle usang yang dibuat di tahun 1960-an. Harga Beetle produksi saa sekarang dibandrol pada harga Rp 300 juta-an sampai Rp 400 Juta-an.

Chrysler Imperial Ghia

Chrysler yang masuk di Indonesia secara eksklusif cuman membuat beberapa untuk Imperial Ghia, salah satunya variasi limousine yang dibuat di tahun 1959 sekitar 6 unit saja.

Mobil ini benar-benar istimewa sebab satu dari 6 unit dipunyai oleh Presiden Pertama Republik Indonesia, Bung Karno pada periode pemerintahannya. Dengan edisi limited edition, pasti mobil ini dibandrol pada harga yang cukup tinggi.

Ini enam mobil klasik yang dibandrol pada harga yang cukup fantastis. Disamping itu, beberapa mobil ini mempunyai nilai riwayat yang cukup berarti di Indonesia. Kendaraan ini sampai kapan saja tidak kehilangan pesonanya.

Cara Menjaga Mobil Klasik

Siapa saja yang memiliki kendaraan roda empat wajib merawatnya, bahkan pemilik mobil matic sekalipun. Salah satunya kunci khusus dalam lakukan perawatan mobil klasik dengan memanasiya minimum seminggu sekali.Saat memanasi mobil, seharusnya bukan hanya menghidupkan mesin saja.

Berarti, benar-benar dianjurkan supaya mobil dibawa untuk lewat di jalan raya. Menurut dia, walaupun begitu mobil ialah satu benda bergerak hingga ada beberapa komponen yang keadaannya malah jadi kurang sempurna bila benar-benar tak pernah dioperasionalkan.

Bila ada pertanda meresahkan, segera diperbaiki di bengkel yang terpercaya. Ini dibutuhkan supaya masalah yang berlangsung tidak merambat pada elemen yang lain berkaitan.

Ritus “manasin” mobil setiap minggu adalah kunci khusus dalam perawatan mobil klasik. Dengan lakukan kegiatan rutin itu, karena itu semua keadaan dan tanda bisa terus terlihat dengan baik.

Salah satunya komponen perawatan yang paling penting ialah pada mekanisme pelumas. Berarti, bila mobil pada kondisi normal, karena itu bujet perawatan yang dibutuhkan hanya untuk pergantian oli.

Tetapi bila ada masalah lain, karena itu bujetya bisa menjadi benar-benar kasuistik bergantung tingkat kesukaran dan harga dari part yang perlu ditukar.

Nah, untuk yang telah merombak pada bidang mesin, dia juga merekomendasikan supaya pengendara bisa lebih sensitif pada tiap tanda-tanda yang tampil pada mobil.

Apa lagi, untuk yang memodifikasi untuk dipicu di circuit. Dia mengutamakan, pengecekan keseluruhannya selalu harus dikerjakan saat sebelum mengikut persaingan. Ini perlu dikerjakan supaya endurance mesin bisa terbangun hingga mobil bisa memberi perform yang maksimal. (mat)

Klik di sini bagi yang ingin tahu cara Jaga Kualitas Aki agar Motor Tak Mogok di Jalan

Loading...