Hore… Bansos Rp 300 Ribu Cair, Begini Ceknya

Loading...

Suarasiberdotcom – Bansos alias bantuan sosial menjadi harapan masyarakat yang terpapar pandemi Covid-19. Nah, bansos tunai senilai Rp300 ribu cair lho.

Untuk mengetahuinya, Anda bisa melakukan pengecekan di dtks.kemensos.go.id.

Siapa-siapa saja yang berhak medapatkan bantuan ini telah menlewati seleksi Kementerian Sosial (Kemensos). Data yang digunakan ialah Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) untuk mengetahui yang berhak menerima bantuan.

Dibaca suarasiber dari halaman resmi Kemensos RI, perpanjangan bansos Rp 300 ribu ini bagi keluarga yang sebelumnya belum menerima.

Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin (PFM) Kemensos Asep Sasa Purnama sangat berharap bansos ini tepat sasaran, waktu, dan sesuai target dalam mendukung pemulihan ekonomi dan ketahanan ekonomi secara nasional,

Nah, bagi Anda yang ingin tahu begii caranya mengecek Bansos Rp 300.000.

  1. Klik dan login dtks.kemensos.go.id
  2. Pilih ID Kepesertaan DTKS yang diinginkan
  3. Ketik nomor kepesertaan ID yang dipilih dalam DTKS
  4. Masukkan nama sesuai ID yang dipilih dalam DTKS
  5. Ketik kode captcha dalam kotak yang tersedia
  6. Klik Cari

Sistem DTKS akan menyesuaikan ID dan nama yang diinput, serta membandingkannya dengan data dtks.kemensos.go.id. Dengan demikian, jika sistem tidak menemukan nama dalam databasenya, maka situs DTKS akan memberi merespon dan mengeluarkan keterangan.

Jika itu yang terjadi, maka di komputer atau ponsel Anda akan muncul notifikasi sebagai berikut: Data tidak ditemukan, periksa kembali ID dan Nama..!.

Kemensos berencana melakukan validasi ulang data penerima bansos Rp 300 ribu tunai. Validasi diharapkan meningkatkan jangkauan bantuan sehingga penerima bukan orang yang sama.

Pemerintah menyiapkan Rp 12 triliun untuk perpanjangan program bansos Rp 300 ribu tunai. Bantuan diterima sekitar 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di 34 provinsi yang ada di Indonesia. (mat)

Loading...