free page hit counter

Ziarah ke Makam Sultan Mahmud Riayat Syah, Gubernur Sebut Kehebatannya

Loading...

Suarasiber.com – Pjs. Gubernur Kepri Bahtiar berziarah ke makam Pahlawan Nasional Sultan Mahmud Riayat Syah, Jumat (20/11/2020) usai Masjid Sultan Daik, Lingga.

“Jadi beliau ini, dulunya adalah presidennya wilayah ini dengan kerajaannya di sini.

Kalau di Tanjungpinang sana berdiam panglima perangnya. Bisanya dibayangkan luasnya kekuasaan raja kita terdahulu. Betapa hebatnya kekuatan mereka dahulu,” kata Bahtiar.

Bahtiar, menyampaikan bahwa makam ini adalah cagar budaya yang perlu dilestarikan keberadaannya. Karena memiliki nilai penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama dan atau kebudayaan.

“Cagar budaya harus kita jaga dan pelihara agar sejarah tidak terlupakan dan hilang ditelan zaman,” tegasnya.

Di momen HUT kabupaten Lingga ini, Bahtiar mengajak seluruh masyarakat Lingga. Untuk mengenang kembali perjuangan para raja terdahulu dalam mempertahankan daerah ini dari serbuan penjajah.

“Beliau-beliau yang terbaring di sini dahulunya mempertahankan daerah ini dengan penuh perjuangan, dengan darah dan rela mengorbankan jiwanya.

Lingga ini ada karena beliau-beliau ini. Oleh karena itu, kita yang saat ini tinggal menikmati saja, harus mengurus daerah ini dengan baik dan benar,” ucapnya. (mat)

Loading...