Tanaman Janda Bolong yang Mahal, Adakah Manfaatnya?

Loading...

Suarasiberdotcom – Tanaman janda bolong adalah salah satu bunga hias yang namanya begitu dikenal saat pandemi Covid-19. Tak ayal, harganya pun melambung tinggi.

Sekilas, tanaman dengan daun bertangkai ini tak dipercaya harganya bisa sangat nahal. Bentuk daunnya hampir menyerupai hati namun lebih lonjong.

Ciri khasnya adalah di bagian tengah daunnya tadi terdapat lubang atau bolong. Dalam satu penampang daun ada beberapa bolong. Ada yang warna daunnya sewarna namun ada juga yang dua warna, seperti putih dan hijau.

Asal-Usul Nama Tanaman Janda Bolong

Banyak yang memberikan keterangan jika asal nama tanaman yang unik ini dari seorang istri oleh suaminya. Kabarnya cerita ini ada di Jawa. Namun siapa janda yang dimaksud pun tak pernah diberitakan secara detil.

Justru seorang peneliti LIPI bernama Yuzammi yang pernah mengatakan di media soal ini. Meski ia juga menjelaskan berdasarkan sumber di masyarakat Jawa, nama janda blong memang identik dengan rondho bolong.

Jika dipisah maka penyebutannya menjadi ron (daun) dho (yang) bolong (berlubang). Jika diucapkan dengan cepat maka jadilaj rondho bolang.

Sementara dalam bahasa Indonesia, rondho adalah janda. Maka merek dagang yang kemudian beredar pun menjadi janda bolong.

Kultur budaya dan stereotip di Indonesia akhirnya membuat nama ini semakin cepat dikenal dan melekat pada tanaman dengan nama latin Monstera adansonii ini.

Janda adalah sebutan bagi seseorang yang tidak memiliki suami dan identik tidak perawan lagi. Kalau bahasa Jawa kasarnya sudah bolong. Kebetulan daunnya yang bolong-bolong, maka penggambaran itu semakin menjadikannya populer dan ngetrend di pasar tanaman hias.

Sudah menjadi sifat manusia, saat mendengar nama yang aneh dan sensasional maka akan selalu diingat. Pada saat itulah sebagian orang masuk dengan mengangkat derajat tanaman janda bolong untuk mendapatkan keuntungan.

Fenome serupa juga ada pada tanaman hias lain. Misalnya ada tanaman hias diberi nama lidah mertua yang punya nama ilmiah Sansevieria.

Kebetulan juga bentuk tanaman ini tajam, mirip bentuk lidah yang menjulur. Lantas muncul kata mertua, yang tidak diketahui dari mana dan kapan muncul.

Manfaat Tanaman Janda Bolong

Lalu apakah manfaat dari tanaman janda bolong yang berhasil menggeser posisi gelombang cinta yang tahun lalu juga melambung?

Dari berbagai sumber, berikut ini berbagai manfaat dan kelebihannya yang dirangkum suarasiber.

Menyegarkan Rumah

Manfaat tumbuhan janda bolong yang pertama yaitu dapat memperbaiki kualitas udara.

Jika diletakkan di dalam rumah, tanaman hias ini dapat menyerap berbagai zat beracun dari udara. Misalnya benzena, formaldehida, trichloroethylene, xylene, dan amonia.

Bisa disimpulkan,ia dapat membersihkan dan memperbaiki kualitas udara di sekitarnya.

Mengobati Penatnya Mata

Duduk di dekat tumbuhan janda bolong sambil menikmati keindahan daunnya dapat membantu menyegarkan mata yang lelah. Memandang tumbuhan hijau setelah bekerja di depan layar komputer selama berjam-jam bisa menyegarkan mata kembali.

Selain menyegarkan mata, tumbuhan ini juga dapat menyerap kandungan bahan kimia yang sering menyebabkan sakit kepala, pusing, iritasi mata, gangguan saluran pernapasan, dan reaksi alergi.

Sama dengan mereka yang memiliki hobi memelihara ikan. Memandangnya akan membuatnya segar mata kembali.

Memberikan Kesan Elegan

Salah satu kelebihan utama janda bolong adalah daunnya yang berbentuk unik. Meletakkan tanaman ini di sudut rumah bisa memberikan sentuhan elegan pada rumah.

Apalagi belakangan begitu banyak berita tentang tumbuhan ini serta harganya yang gila-gilaan. Saat ia ada di sebuah rumah kesannya memunculkan keeleganan.

Bisa Dijual

Mengingat harganya yang sedang tinggi dan banyak dicari, memiliki bunga ini bisa menjadi bentuk investasi.

Walaupun begitu, jangan mudah tergiur untuk membeli tanaman ini dengan harga terlalu tinggi. Pasalnya jika sudah banyak dibudidayakan, harganya bisa menurun drastis.

Kecuali Anda yang memilikinya dan ditawar penggemar atau kolektor bunga hias dengan harga mahal. Lumayan, bukan?

Harga dan Jenis Tanaman Janda Bolong

Tanaman hias janda bolong naik daun selama pandemi Covid-19. Harga janda bolong terbilang fantastis, mencapai Rp100 juta dengan sehelai daunnya bisa dibanderol Rp15 juta.

Nama ia tak datang baru-baru ini saja, melainkan sudah melekat sejak bertahun-tahun lalu.

Berikut ini jenis atau ragamnya yang wajib kalian ketahui:

Monstera Delicios

Tanaman Janda Bolong jenis Monstera Deliciosa ini paling umum dan bisa ditemukan dimana saja.

Monstera Borsigniana

Tanaman Janda Bolong jenis Monstera Borsigniana hampir sama seperti jenis tanaman Monstera Deliciosa.

Perbedaannya dilihat dari batang keduanya. Jika Deliciosa cenderung mengacak-acak, mengerut, atau membentuk tonjolan kecil, dan daunnya menempel pada batang.

Sedangkan Borsigniana tidak memiliki batang seperti Deliciosa, tetapi jenis ini lebih cepat tumbuh dari Deliciosa.

Monstera Obliqua

Tanaman Janda Bolong atau Monstera Obliqua ini salah satu tanaman yang sangat menakjubkan denga ciri khas daun yang berlubang.

Lubang dalam daun ini bisa mencapai 90 persen dari permukaan daun dan memiliki tingkat ketipisan seperti kertas.

Monstera Variegata

Jenis tanaman Janda Bolong Monstera Variegata ini memiliki bentuk daun yang serupa dengan jenis Deliciosa namun warna yang dimiliki jenis Variegata bercorak putih dan hijau.

Uniknya lagi, Janda Bolong jenis ini lebih sulit ditemukan dan harganya lebih mahal.

Monstera Adansonii

Jenis Tanaman Janda Bolong Monstera Adansonii ini memiliki daun yang seluruh permukaannya terdapat lubang-lubang dan hampir memakan daun sekitar 50 persen. Jenis ini lebih mudah ditemukan.

Baca Juga: 8 Keunikan dan Fakta Tersembunyi Tanaman Hias Janda Bolong, Lubang di Daunnya Tidak Sembarangan

Monstera Pinnatipartita

Kalau jenis Monstera Pinnatipartita memiliki daun yang sangat besar dan mengkilap, bukan lubang yang mengarah ke tepi daun.

Memiliki batang daun yang kaku dan kokoh disamping itu memiliki warna hijau zamrud. Tanaman Janda Bolong jenis ini juga sangat sulit ditemukan.

Monstera Dubia

Jenis Tanaman Janda Bolong jenis Monstera Dubia ini tidak memiliki daun yang permukaannya bolong atau sobek-sobek.

Akan tetapi, jenis ini memiliki daun dengan warna ditengahnya berwarna putih tulang. Tanaman jenis ini juga bisa tumbuh dengan merambat. Jenis Monstera Dubia ini juga salah satu yang sulit ditemukan.

Monstera Siltepecana

Monstera Siltepecana ini memiliki daun lebar berbentuk tetesan air mata dengan lubang-lubang kecil di sekitar tengah daun.

Warna jenis Monstera Siltepecana memiliki warna yang lebih terang dari jenis lainnya yang mengandung warna hijau tua dan hijau muda. Jenis Janda Bolong Monstera Siltepecana juga lebih sulit ditemukan.

Bagaimana apakah ada yang tertarik untuk segera memiliki tanaman janda bolong? (mat)

Loading...