Sering Beramal, Kekayaan Bill Gates Disalip Elon Musk

Loading...

Suarasiberdotcom – Bill & Melinda Gates adalah yayasan amal yang didirikan pendiri Microsoft, Bill Gates yang dahulu selalu berada di posisi satu orang terkaya dunia. Namun posisinya pelan-pelan turun digeser orang lain.

Bloomberg Billionaires Index baru-baru ini menyebutkan posisi Bill Gates disalip pemilik pabrik mobil listrik Tesla, Elon Musk. Harta Musk saat ini mencapai USD 136 miliar. Sementara harta Bill Gates USD 129 miliar.

Posisi orang terkaya di dunia masih ditempati oleh pemilik Amazon, Jeff Bezos, yang memiliki harta kekayaan diperkirakan USD 183 miliar.

Ada yang cukup menarik soal melorotnya posisi Bill Gates, yakni karena disebut terlalu sering bersedekah atau beramal.

Melalui Bill & Melinda Gates Foundation, Bill Gates memang getol mengucurkan uang untuk aksi kemanusiaan. Sementara itu Musk dan Bezos terpantau masih sangat sedikit mengeluarkan uangnya ke filantrofi.

“Bill Gates bersama istrinya Melinda, telah memberikan sekitar USD 50 miliar dalam seperempat abad terakhir menurut data Chronicle of Philantrophy,” tulis New York Post yang dikutip suarasiber via detik.com, Rabu (25/11/2020).

Untuk dua tahun saja, antara 2017 – 2019 yayasan tersebut USD 5,5 miliar. Jumlah tersebut sama dengan 10 sampai 20% total kekayaannya.

Namun bukan berarti Musk tidak berperan dalam aksi kemanusiaan. Ia sebenarnya bergabung ke dalam Giving Pledge, program yang diprakarsai Bill Gates bersama sahabatnya Warren Buffet.

Program ini melakukan seuatu yang mulia, yakni para orang terkaya diharapkan menyumbangkan sebagian besar uangnya secara bertahap.

Dan pada 2018, Musk pernah berjanji akan rutin menyumbangkan saham Tesla senilai USD 100 juta untuk amal.

Demikian juga dengan Bezoz, baru-baru ini ia mengumumkan bantuan senilai USD 100 juta atau sekitar Rp 1,6 triliun untuk membantu mereka yang terdampak pandemi Corona di Amerika Serikat. (mat)

Loading...