OPP Rayakan Seabad Zapin Penyengat

Loading...

Suarasiber.com – Organisasi Pemuda Penyengat (OPP), merayakan peringatan seabad tarian Zapin Penyengat, Minggu (29/11/2020).

Perayaan yang digelar secara mandiri itu dilaksanakan dalam bentuk Festival 100 Tahun Zapin Penyengat dan dilaksanakan di balai desa.

Menurut Ketua OPP, Tohar Fahlevy kegiatan ini adalah kali pertama Zapin Penyengat yang sudah eksis sejak 1919-1920, mendapat panggung spesial di rumahnya sendiri.

“Padahal zapin kita ini sudah masyhur di mana-mana dan diakui oleh khalayak sebagai seni tari yang khas dan bernilai,” kata Tohar Fahlevy.

Menurut Tohar, angka 100 tahun ini tidak boleh dilewatkan begitu saja dan dirayakan walau secara sederhana.

Karena itulah, festival ini diperjuangkan untuk dapat diselenggarakan walau di tengah keterbatasan.

Meski begitu, bukan berarti festival ini tidak berlangsung semarak menghibur tamu undangan yang datang.

Apalagi saat puluhan penari cilik dari Penyengat membawakan tari zapin di pelataran balai desa. Suatu konsep pertunjukan yang membuat penonton sontak mengangkat kamera.

“Dan, kami tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Dengan memastikan kursi-kursi penonton berjarak dan setiap penari mesti memakai masker dan pelindung muka,” tegas Tohar.

Hajatan ini mendapat apresiasi langsung dari Kepala Biro Kesra Pemprov Kepri, Aiyub yang mewakili Sekdaprov.

Menurutnya, festival ini harus menjadi gelaran rutin di Penyengat. Ketika keadaan pandemi sudah membaik, kata Ayub, festival ini dinilainya bisa menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke Penyengat.

“Selain itu juga sebagai sebuah upaya pelestarian keseniannya itu sendiri,” ujarnya.

Festival 100 Tahun Zapin Penyengat diikuti oleh 14 kelompok tari dari kalangan pelajar tingkat dasar dan menengah pertama. Di akhir kegiatan, mereka yang tampil terbaik memperoleh trofi penghargaan dan uang pembinaan. (mat)

Loading...