Mengapa 2 Hari Corona di RI Tembus 5 Ribu Kasus? Ini Penjelasannya

Loading...

Suarasiberdotcom – Dua hari belakangan kasus positif Covid-19 tembus 5 ribu pasien. Lonjakan ini pun dipertanyakan banyak orang, apa sebabnya.

Seperti diketahui, pada Jumat (13/11/2020) lalu, kasus positif bertambah 5.444 kasus sedangkan Sabtu (14/11/2020) kasus baru bertambah 5.272 pasien.

Berdasarkan Juru Bicara Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito, angka yang melonjak tadi diakibatkan libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW beberapa waktu lalu.

Liburan itu menyebabkan keterlambatan pelaporan sampel. Hasilnya menyisakan beberapa kasus menumpuk yang dilaporkan pada dua hari terakhir.

“Perlu waktu lebih dari 1.000 untuk pemeriksaan-pemeriksaan tersebut dan akhirnya masuk dalam pencatatan. Sehingga terjadi lonjakan kasus yang cukup signifikan pada 2 hari terakhir ini,” kata Wiku, kepada wartawan, Sabtu (14/11/2020), dikutip suarasiber dari detik.com, Minggu (15/11/2020).

Wiku berharap bahwa keterlambatan pencatatan kasus saat libur panjang lalu segera dapat diselesaikan. Penambahan kasus yang belum masuk catatan data Satgas, nantinya akan dicatat dalam data yang akan disampaikan berikutnya.

“Mari kita terus amati apa yang akan terjadi ke depan. Kami berharap bahwa keterlambatan pencatatan tersebut sudah selesai, apabila belum maka nanti akan terikat dari data-data selanjutnya,” ujar Wiku.

Ia meminta agar masyarakat tetap waspada dengan segala aktivitas yang tak menerapkan protokol kesehatan. Dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19, maka pandemi Corona di Tanah Air dapat dikendalikan.

“Kita harus tetap waspada dengan segala aktivitas yang ada, tetap di situ pada protokol kesehatan agar seluruh kasusnya terkendali dan tidak terjadi loncatan-loncatan yang ekstrem seperti yang kita lihat selama ini,” katanya. (mat)

Loading...