Marcus Rashford MBE, Pahlawan bagi Jutaan Anak Miskin di Inggris

Loading...

Suarasiber.com – Pemuda ini baru berusia 23 tahun. Walau masih belia tapi gajinya sudah per minggu 250 ribu Pound atau sekitar Rp4,675 miliar (kurs Rp18.700 per 1 Pound).

Bagi sejumlah anak muda, uang sebesar sudah lebih dari cukup untuk bikin silap.

Bergaya hidup ala jetset dan tak sembarangan bergaul. Apalagi dengan anak-anak miskin.

Tapi, tidak bagi pemuda ini. Baginya, anak-anak miskin adalah fokus utamanya. Dia akan melakukan apapun.

Termasuk, mengguncang pemerintah. Agar, anak-anak miskin itu bisa cukup makan setiap hari.

Karena, masa kecilnya juga sangat susah meski hanya untuk sekedar bisa makan.

Dia adalah Marcus Rasford. Bintang sepak bola klub Manchester United, Inggris.

Marcus kini punya gelar bangsawan dari Kerajaan Inggris. Gelarnya setara dengan Alex Ferguson, mantan pelatih Man United, yakni MBE.

Gelar bangsawan Member of the British Empire (MBE) diterima Rashford dari Ratu Inggris, Elizabeth II tanggal 10 Oktober 2020. Saat itu dia masih berusia 22 tahun.

Ratu Inggris bangga atas upayanya memperjuangkan dan membantu anak-anak miskin di Inggris.

Saat itu, Rashford menekan pemerintah Inggris dan parlemennya, agar memberikan subsidi makan bagi jutaan anak miskin. Tekanannya sukses.

Terkini, pemerintah dan parlemen Inggris mencabut subsidi itu. Rashford tak terima. Dia kembali “berperang” melawan pemerintah.

Lagi-lagi Rashford menang. Perdana Menteri Inggris, Boris Jonhson meneleponnya, Sabtu (7/11/2020).

Dan, memberitahukan persetujuannya untuk menyediakan 170 juta Pound, sekitar Rp3,2 triliun. Anggaran untuk mensubsidi makanan bagi sekitar 1,7 juta anak miskin di Inggris.

Subsidi makanan itu diberikan untuk 4 bulan ke depan. Sehingga, anak-anak miskin di Inggris tidak kelaparan saat Natal, tahun baru dan libur musim panas.

Rashford mengunggah kisah itu di akun Twitter resmi miliknya. Dia memang membanjiri akunnya dengan perjuangan bagi anak-anak miskin.

Meski “menang” tapi Rashford tak jemawa. Dia justru menyebutnya sebagai kemenangan banyak orang. Sebagaimana dicuitkannya di akun pribadinya @MarcusRashford.

“To the campaigners, charity workers, volunteers, teachers, care workers, key workers, that have fought for this level of progress for years, thank you. This is YOUR victory. Never underestimate the role you have all played. I’m just honoured to be on this journey with you ♥️.”

Rashford memang beda. Kaya raya dan masih muda namun berhati mulia. Tak heran jika Ratu Inggris pun respek.

Meski dia tidak pernah memanggul senapan untuk berperang membela Inggris. Namun, kepahlawanan Rashford sudah diakui Queen Elizabeth II.

Sudah diakui pemerintah Kerajaan Inggris. Dan, yang terpenting dia adalah pahlawan bagi jutaan anak miskin di Inggris. (mat)

Loading...