MAKI Minta Debat Cabup Natuna di Surabaya Dibatalkan

Loading...

Suarasiber.com – Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) minta debat cabup Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau di Surabaya, Jatim, Jumat (13/11/2020), dibatalkan.

Hal itu disampaikan Boyamin Bin Saiman
Koordinator MAKI kepada redaksi suarasiber.com, Jumat (6/11/2020).

Menurut Boyamin, acara itu harus dibatalkan, karena akan terjadi pemborosan biaya untuk tiket dan akomodasi Natuna-Surabaya pergi pulang.

Semestinya kegiatan debat tersebut cukup di Natuna. Dan, jika tujuanbya untuk menjangkau masyarakat luas bisa memakai jaringan medsosm Seperti YouTube, Instagram, Facebook dan lainnya.

“Penggunaan anggaran yang tidak tepat sasaran, berlebihan dan tidak bermanfaat maksimal, dapat dikategorikan merugikan negara yang mengarah kepada korupsi,” kata Boyamin.

Boyamin menambahkan, apabila KPU Natuna tetap menyelenggarakan debat cabup di Surabaya, maka pihaknya akan melaporkannya ke DKPP dan Bawaslu termasuk opsi untuk melaporkan ke penegak hukum.

“KPU Natuna mestinya menyadari, saat ini pandemi covid-19 masih merajalela di kota besar. Termasuk Surabaya.

Sehingga dikhawatirkan peserta akan membawa pulang Covid-19 ke Natuna. Jika nantinya ada yang tertular, maka anggaran negara akan tersedot kepada pasien Covid-19.

Sehingga KPU Natuna bisa dianggap turut andil dalam terkurasnya anggaran negara untuk biaya pandemi Covid-19,” beber Boyamin.

KPU, tegas Boyamin, mestinya bijak dan lebih mementingkan negara dan rakyatnya. Dibanding bepergian ke Surabaya yang bisa menimbulkan persepsi jalan-jalan plesiran. (mat)

Loading...