Kopi Arabika Gayo dari Aceh, Harga dan Khasiatnya

Loading...

Kopi arabika Gayo atau Kopi Gayo merupakan salah satu tanaman perkebunan yang menjadi produk ekspor unggulan di Indonesia. Pohon kopi ini ditanam di Dataran Tinggi Gayo yaitu Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah.

Areal perkebunan kopi Gayo memiliki luas lebih dari 100.000 hektar. Produksi per tahun mencapai lebih dari 200.000 ton.

Kopi pun menjadi penopang utama perekonomian masyarakat. Dan sudah banyak dikenal oleh konsumen manca negara baik di daratan Eropa, Amerika maupun Asia. Cita rasanya pun bersaing dengan kopi Brazil, Vietnam dan Thailand.

Kopi Organik

Kopi organik termasuk di dalam pasar kopi baru yang disebut specialty coffee. Pengertian kopi organik sendiri adalah kopi yang diproduksi dengan menganut pada paham pertanian yang berkelanjutan.

Tentu saja harus memperyimbangkan aspek-aspek pelestarian sumberdaya alam. Kemudian keamanan lingkungan dari senyawa senyawa pencemar. JUga keamanan hasil panen bagi kesehatan manusia serta nilai gizinya. Bahkan ke aspek sosial ekonomi pun menjadi penilaian.

Jenis kopi ini hanya dapat ditanam pada kondisi sumberdaya lahan yang tingkat kesuburan tanahnya tinggi, curah hujannya cukup serta daya dukung lingkungannya tinggi. Dan Kopi Gayo adalah contoh yang tepat.

Pengelolaan tanah berperan fital untuk menyediakan bahan organik di dalam tanah. Pengendalian hama pengganggu dilakukan secara hayati.

Kopi Gayo dan Pengakuan Dunia

Keunggulan kopi arabika Gayo diakui oleh dunia. Hal ini ditandai dengan diterimanya sertifikat Indikasi Geografis (IG) Kopi Arabika Gayo pada tanggal 27 Mei 2010 yang lalu.

Dan di Lelang Spesial Kopi Indonesia di Bali, 10 Oktober 2010, Kopi Gayo dinyatakan sebagai kopi organic terbaik di dunia. Penilaiannya berdasarkan cupping score yang dilakukan oleh para ahli test cup kopi sedunia.

Pola pertanian organic yang terus dijaga akhirnya membuat Kopi Gayo menjadi kopi termahal di dunia, bahkan jauh di atas harga di pasar lelang kopi dunia di New York.

Pengakuan ini datang dari Specialty Coffee Assosiation of Eorope (SCAE). Petinggi asosiasi ini pernah ke dataran tinggi Gayo dan mengatakan masyarakat Eropa sudah lama menikmati kopi dari daerah ini.

Acungan jempol juga disampaikan Royal Coffee, brand kopi dunia asal Amerika Serikat. Wakil Presiden (Vice President) Royal Coffee, John Cosette ketika melihat lokasi penanaman kopi mengakui kagum.

Yang lain, pengakuan dari Specialty Coffee Association of America (SCAA). Anggotanya melihat langsung proses produksi Kopi Arabika Gayo, hingga menyatakan benar-benar organik.

Mengapa Kopi Gayo Lebih Mahal?

Inilah beberapa alasan yang membuat kopi dari Aceh ini memiliki harga yang mahal di dunia.

  • Pertama, petani kopi Gayo di dataran tinggi Gayo, dominan menanam kopi varietas Gayo 1 (G-1) dan Gayo 2 (G-2) dan P-88. Ketiga jenis di atas disebut Kementerian Pertanian sebagai varietas unggul kopi di Indonesia.
  • Kedua, iklim dan jenis tanah tempat tumbuhnya sangat mendukung produksi kopi beraroma mantap. Dataran Gayo berada di ketinggian 1000 mdpl.
  • Ketiga, para petani kopi Gayo memiliki teknik unik pengolahan basah sehingga meninggalkan hasil kopi yang sangat nikmat.
  • Keempat, para petani menyadari sepenuhnya tuntutan konsumen yang tetap menginginkan sistem pertanian organik. Dan para petani di dataran tinggi Gayo menjaga sistem itu.

Harga Kopi Gayo

Harga kopi yang dihasilkan oleh para petani di Dataran Tinggi Gayo, di atas rata-rata harga kopi daerah lain bahkan dunia.

Untuk menjelaskan berapa harga kopi ini, bisa diilustrasikan jika hari ini harga kopi gabah di tingkat petani adalah 45.000 – 50.000 per kilogram. Sedangkan harga biji kopi siap olah atau Green Bean Coffee di tingkat pengumpul antara Rp90.000 – 100.000 per kilogram.

Harga tersebut lebih tinggi dari harga fob. pelabuhan pengirim yang rata-rata saat ini berada pada kisaran Rp105.000 – 120.000 per kilogram. Mengapa Kopi ARabika Gayo bisa dibeli mahal, karena memiliki keunggulan. Salah satunya Sertifikat Indikasi Geografis (IG) yang sudah diakui oleh berbagai lembaga kopi dunia baik di Eropa maupun Amerika.

Efeknya, kopi ini bisa menentukan harga sendiri tanpa mengacu kepada harga pasar dunia. Selain itu spesifikasi kopi Gayo yang khas dengan kualitas premium, tidak membuat pembeli ragu-ragu mengeluarkan uangnya.

Seiring berkembangnya tempat ngopi di Indonesia, permintaan Kopi Gayo untuk dalam negeri pun meningkat. Permintaan dari Jakarta, Surabaya, Yoyakarta, Medan, Batam dan lain-lainya terus meningkat.

Green bean kopi arabika gayo dengan kulaitas premium (specialty coffee) dijual dengan kisaran Rp250.000 – 400.000 per kilogram. Sementara di kota-kota besar bahkan bisa mencapai Rp800 ribuan.

Manfaat Kopi

Berdasarkan beberapa sumber, dapat disimpulkan jika kopi memiliki manfaat sebagai berikut ini:

Mencegah Depresi dan Meningkatkan Mood

Penelitian dari the National Institutes of Health and the AARP mengungkapkan penikmat kopi harian memiliki tingkat depresi lebih rendah. Hal ini dibandingkan dengan mereka yang tak menyentuh kopi sama sekali.

Bukan hanya terhindar dari depresi, Meminum kopi dapat memperbaiki mood. Hal ini lantaran dalam kopi seduhan ada kandungan antioksidan dan kafein.

Menjaga Kesehatan Hati

Banyak penelitian menemukan kafein dalam kopi dapat membantu regulasi hati. Juga dapat menurunkan resiko terkena penyakit autiomun sclerosingcholangitis(PSC) yang dapat menyebabkan sirosis hati, gagal hati bahkan kanker. Penelitian lain juga menemukan bahwa alkoholik peminum kopi lebih rendah dibanding mereka yang bukan peminum kopi.

Pendongkrak Stamina

Bukan obrolan baru jika kafein yang ada dalam kopi dapat meningkatkan semangat dan stamina tubuh. Karenanya, kopi dijadikan sebagai minuman penambah stamina yang alami. Tak ada salahnya kalian mencoba secangkir kopi sebelum mengerjakan soal ujian atau seminar.

Mengurangi Risiko Diabetes

Majalah Science Daily menuliskan mengonsumsi 4 cangkir kecil kopi sehari dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe II sebanyak 25%. Ini memungkinkan karena ada kandungan asam klorogenik dan alkaloid yang dapat menurunkan penyerapan glukosa dalam tubuh.

Menurunkan Risiko Alzheimer, Demensia, dan Parkinson

Kopi membantu ingatan dan daya pikir tetap fokus dan tajam. Banyak penelitian menyatakan peminum kopi rata-rata 60% lebih rendah didekati penyakit Alzheimer dan demensia. Sementara penelitian lain membuktikan kopi juga dapat mengurangi risiko parkinson, separti yang diidap Muhammad Ali, mantan petunjuk dunia.

Mencegah Kanker Kulit

Kopi juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya kanker kulit. Penelitian oleh Brigham and Women’s Hospital and Harvard Medical School pada tahun 2012 menemukan bahwa wanita peminum kopi cenderung terhindar dari kanker kulit. Para wanita itu mengonsumsi kopi 3 cangkir kecil sehari.

Di luar itu, kopi juga bisa menjadi pelengkap obrolan santai di sebuah tempat, Bisa di kedai kopi atau tempat hajatan. Nikmatnya saat disajikan masih panas menjadikan kopi pilihan banyak warga untuk bercengkerama sampai malam.

Khasiat Kopi Arabika Gayo

Khasiat yang banyak menjadi sugesti bagi para pengonsumsi kopi Gayo asli adalah sebagai berikut:

  • Membantu membakar lemak
  • Sumber antioksidan
  • Mencegah kantuk
  • Menambah stamina
  • Meningkatkan sistem imun.
  • Mencegah penuaan dini
  • Menghilangkan dan mengaburkan flek hitam
  • Baik untuk membersihkan muka kusam
  • Mencegah jerawat
  • Treatment atau campuran untuk lulur

Namun demikian aturan meminum kopi juga harus diikuti. Misalnya tak boleh lebih dari 3 cangkir sehari, meski kondisi setiap orang berbeda-beda. Tak ada salahnya kalian berkonsultasi dengan dokter apabila ada keluhan saat mengopi.

Demikianlah sekilas tentang Kopi Arabika Gayo yang namanya sudah mendunia dan kini dapat dinikmati di coffee shop kopi Gayo terdekat. Mau membeli bubuk kopi Gayo juga banyak dijual online. (mat)

Loading...