Jill Biden dan Hj Erdawati Dalmasri, Sama-sama Tetap Jadi Guru meski Istri Pejabat Publik

Loading...

Suarasiber.com – Ibu Negara Amerika Serikat, Jill Biden dipastikan akan tetap menjadi guru. Meski dia sudah menjadi Ibu Negara dan berdiam di Gedung Putih, menyusul kemenangan suaminya, Jie Biden di Pilpres Amerika.

Kepastian Jill tetap menjadi guru disampaikan langsung oleh Joe Biden, usai dinyatakan menang Pilpres atas Donald Trump.

“For America’s educators, this is a great day: You’re going to have one of your own in the White House, and Jill is going to make a great First Lady,” kata Joe Biden di akun Twitter miliknya, Minggu (8/11/2020).

Jauh sebelum Jill Biden, yang bergelar doktor bidang pendidikan, memutuskan tetap mengajar meski menjadi istri Presiden AS dan menjadi Ibu Negara Amerika, istri Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam sudah melakukannya.

Jill Biden dan Hj Erdawati SPd, istri Wabup Bintan, berbeda negara. Berbeda kapasitas dan tidak untuk diperbandingkan.

Akan tetapi keduanya punya sedikit kesamaan, yakni sama-sama menjadi istri pejabat publik.

Juga sama-sama berprofesi sebagai guru. Meski, suami mereka menjabat jabatan politik penting di tempatnya masing-masing.

Kesamaan lainnya, adalah keduanya sama-sama mencintai profesinya, guru. Keduanya, sama-sama mencintai murid-muridnya. Dan, tak mau ikut terjun ke politik mengikuti suami mereka.

“Kakak (istri, red) memang tunak mengajar. Die sayang betul dengan murid-muridnye. Jadi, tak nak ikut terjun ke politik,” kata H Dalmasri Syam, Wabup Bintan menjawab suarasiber.com dalam sebuah kesempatan.

Wawancara itu dilakukan sebelum Pilpres Amerika. Dan, sebelum Joe Biden terpilih.

Dalam penelusuran redaksi, Hj Erdawati sudah mengajar sebagai guru Sekolah Dasar (SD) sejak sekitar tahun 1984.

Dan, hingga saat ini masih mengajar sebagai guru di SD di Kampung Bugis, Tanjungpinang. Meski suaminya, sudah jadi Wabup Bintan sejak 2016.

“Sebagai guru. Bukan kepala sekolah,” jawab Dalmasri, saat ditanyakan jabatan istrinya.

“Dia memang sayang kali sama murid-muridnya. Jadi, tetap mau jadi guru saja,” imbuh Dalmasri.

Menurut Dalmasri, profesi guru sangat mulia karenanya dia sangat mendukung sikap istrinya.

Sebagai istri wakil bupati, Hj Erdawati sangat bisa untuk mengikuti perjalanan dinas bersama suaminta.

Namanya perjalanan dinas, segalanya ditanggung negara. Dapat uang harian lagi. Tapi, hal itu tidak dilakukan Hj Erdawati.

Karena, jika ikut perjalanan dinas, berarti dia harus libur mengajar. Dia tak tega untuk meninggalkan murid-muridnya.

Enal, salah seorang warga Kampung Bugis dan mantan murid Hj Erdawati, membenarkan hingga kini mantan gurunya itu masih mengajar.

“Salut Bang sama Ibuk Erda. Biarpun istri wabup dia masih tetap mengajar sampai sekarang,” ungkap Enal, Presiden Penyair Tarung Tanjungpinang 2012.

Enal masih sering menyaksikan mantan gurunya turun dari ojek di Pelantar II dan naik pompong ke Kampung Bugis untuk mengajar.

“Beliau istri wabup, masih tetap mengajar dan tetap sederhana serta humble (rendah hati). Respek dan salut untuk beliau (Hj Erdawati Dalmasri),” sebut Zainal. (mat)

Loading...