Inilah Penyebab dan Cara Atasi Kembung Kala Ngopi

Loading...

Suarasiberdotcom – Ngopi sudah menjadi hal biasa di negeri ini. Aneka jenis kopi dari berbagaii daerah mengundang hasrat. Namun sayang ada orang yang perutnya kembung kala minum kopi.

Seperti banyak disampaikan, kopi memiliki banyak kegunaan, di antaranya meningkatkan kinerja hati serta menurunkan tingkat stres dan risiko jantung.
Dilansir dari Insider, kandungan-kandungan pada kopi berikut yang menyebabkan sakit perut.

Kafein

Kafein yang terkandung dalam kopi membantu menahan tidur. Namun harus diingat, kafein dapat juga meningkatkan kontraksi dalam pencernaan, terutama usus bagian bawah. Zat ini pun disebut mampu meningkatkan produksi asam lambung, apalagi bagi orang yang memiliki riwayat penyakit perut.

Asam kopi

Kopi juga memiliki kandungan asam kopi. Zat ini terbukti mampu meningkatkan asam lambung. Nah, jika meminum kopi setelah makanan, asam berfungsi untuk memecah makanan sehingga bisa mengalir melalui usus.

Adanya zat adiktif lain

Bukan hanya kandungan yang berasal dari kopinya sendiri, adanya tambahan pemanis, susu, krim, bahkan gula, dapat memicu sakit perut. Gula dan susu khususnya dapat memicu gejala sakit perut, seperti kembung, kram perut, atau diare.

Masih dari sumber yang sama, inilah beberapa hal yang dapat dihindari jika tidak ingin sakit perut kala meminum kopi:

Menyeruput kopi secara pelan-pelan agar perut tidak kaget.
Cobalah untuk tidak minum kopi di saat perut belum terisi makanan.
Hindari meminum kopi yang sudah dingin karena kandungan asamnya menjadi lebih sedikit dibandingkan saat masih panas.

Semoga ngopi Anda menjadi menyenangkan. (mat)

Loading...