Angka Sementara Electoral Votes, Biden Tinggalkan Trump

Loading...

Suarasiberdotcom – Saling kritik dan serang dengan kata-kata berakhir sudah, warga Amerika sudah menentukan pilihan. Akankah Donald Trump kembali menang atau harus menyerahkan kursi Presiden AS kepada Joe Biden?

Hingga Rabu (4/11/2020) perolehan electoral votes Joe Bidan meninggalkan Donald Trump.

Dilaporkan oleh New Yort Times, electoral votes Joe Biden unggul di negara bagian California, Oregon dan Washington yang ada di pantai barat AS. Diketahui bahwa California sebagai negara bagian terpadat di AS memiliki 55 electoral votes.

Penghitungan sementara NYT menampakkan bagaimana Biden sementara lebih tinggi mendapatkan electoral votes sebanyak 209. Sementara itu petahana Trump baru meraih 118 electoral votes.

Capres yang pertama mencapai 270 electoral votes akan menjadi Presiden Amerika Serikat.

Sementara itu jika dilihat perolehan popular votes atau suara langsung dari pemilih, Trump lebih unggul. Masih dari NYT, Trump mendapatkan 47.117.049 suara (50,6 persen) sedangkan Biden hanya meraup 44.481.693 suara (47,8 persen).

Sekadar informasi, pilpres AS menganut sistem electoral college atau sistem keterwakilan. Artinya perolehan electoral votes menjadi penentu kemenangan seorang capres.

Diperlukan sedikitnya 270 dari total 538 electoral votes untuk menjadi Presiden Amerika Serikat. (mat)

Loading...