7 Kopi Indonesia yang Rasanya Mendunia, Nikmat…

Loading...

Sejarah Kopi Dunia

Setelah mengetahui kopi terkenal di Indonesia yang mampu menembus pasar luar negeri, ada baiknya kita juga tahu sejarahnya. Bagaimana kopi bisa tumbuh di berbagai daerah di Indonesia?

Tetapi sebelumnya kita lihar lahirnya minuman kopi di dunia. Pada 3.000 tahun yang lalu, seorang pengembala kambing di Ethiopia, Afrika, yang tidak disebutkan namanya memperhatikan hewan ternaknya.

Ia melihat bagaimana kambing – kambingnya memakan beberapa biji buah menyerupai berry di pepohonan. Anehnya kambing-kambing itu tetap aktif serta terjaga berkat buah tersebut.

Dari kejadian itu si penggembala kambing pun mengambil buah yang dikenal dengan sebutan kopi itu. Ia mengolahnya lalu menjadukannya minuman. Ternyata efeknya sama seperti yang dilihatnya pada kambing. Ia jadi lebih kuat terjaga.

Itulah awalnya kopi dikenal sebagai pengusir rasa kantuk. Selain itu juga bermanfaat sebagai makanan penambah energi.

Akhirnya 500 tahun kemudian, alat penghancur dan pengolah biji kopi ditemukan. Berkat alat inilah kopi kemudian dikenal sebagai minuman seperti yang kita lihat sekarang ini.

Secara bahasa, kopi (coffee – inggris) berasal dari bahasa Arab “qahwa”. Qahwa lebib populer disamakan dengan terjemahan kahveh dalam Bahasa Tukri.

Kata “qahwa” atau “kahveh” tersebut merujuk pada minuman dari biji yang diseduh dengan air panas. Selain itu, istilah “qahwa” juga berarti kuat. Hal ini cocok untuk kopi yang juga dikenal sebagai minuman untuk meningkatkan energi dan stamina.

Dari Afrika, kopi lalu merambah Arab hingga Eropa dan Amerika. Berikutnya menyeberang ke negara – negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Nah, kalau masuknya kopi di Indonesia bagaimana? Lanjuut >>>

Loading...