free page hit counter

7 Kopi Indonesia yang Rasanya Mendunia, Nikmat…

Loading...

Kopi Indonesia jangan disepelekan ya. Karena ternyata ada beberapa jenis kopi yang tumbuh di tanah negeri ini memiliki cita rasa yang diakui penikmat kopi dunia.

Sementara itu di Indonesia, semakin hari semakin menjamur tempat minum yang menyajikannya. Semuanya bisa ditemukan dari kedai kopi biasa kakilima hingga kafe dan restoran terkenal.

Racikan kopi pun dibuat beragam dengan inovasi tiada henti. Beberapa waktu lalu ramai-ramai warganet memperbincangkan kopi dengan gila aren. Minuman ini masih diminati anak-anak muda masa kini. Pecinta kopi pun menggemarinya.

Membanggakan, generasi muda pun tak malu menggeluti kopi. Tak hanya di dalam negeri, juga di luar negeri mereka mengikuti pelatihan barista.

Menyebut nama Indonesia sebenarnya kita tak perlu malu jika menyangkut kopi. Nyatanya Indonesia masuk dalam satu dari negara penghasil biji kopi terbesar di dunia. Varietas kopi di Indonesia juga cukup banyak.

Bahkan berdasarkan data Organisasi Pangan dan Agrikultur Dunia (FAO), pada tahun 2017 – 2018 Indonesia menempatkan diri sebagai penghasil biji kopi terbesar keempat. Indonesia ada di bawah Brazil, Vietnam dan Columbia.

Salah satu keuntungan yang disediakan alam Indonesia ialah iklim tropisnya. Hal ini sangat menguntungkan produksi kopi. Tanaman kopi memang sangat cocok tumbuh di kawasan tropis. Tepatnya di wilayah tropis sebelah utara dan selatan garis Khatulistiwa (23 derajat Utara dan 23 derajat Selatan).

Produksinya pun tak dimonopoli hanya di satu daerah. Dari Sabang sampai Merauke bisa ditemukan kopi khas Indonesia dengan cita rasa yang berbeda-beda.

Baca berikutnya Kopi Indonesia yang mendunia >>>

Loading...