Pondok Pesantren Gontor Punya Pimpinan Baru, Siapa Mereka?

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – KH Abdullah Said Basarmus mengumumkan nama pimpinan baru Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG). Pengumuman dilakukan usai sidang luar biasa Badan Wakaf PMDG pada Kamis (22/10/2020).

Sidang pada hari itu dihadiri 12 anggota Badan Wakaf PMDG, 8 orang hadir secara fisik dan 4 orang hadir secara virtual.

Seperti diketahui, kepergian dua sosok pimpinan Pondok Modern Darussalam (Ponpes) Gontor (PMDG), KH Syamsul Hadi Abdan dan KH Abdullah Syukri Zarkasyi, masih menyisakan duka di mata para santri.

“Keputusan ini berdasarkan tentang pentingnya estafet perjuangan para Trimurti pendiri PMDG,” tutur Kiai Said, Jumat (23/10/2020), seperti dilansir suarasiber dari detik.com.

Ditambahkan oleh Kyai Said, pimpinan boleh meninggal tapi pondok harus tetap hidup. Berdasarkan sidang, pimpinan PMDG yang baru KH Hasan Abdullah Sahal, KH Akrim Mariyat, Prof KH Amal Fathullah Zarkasyi untuk periode 2020-2025.

Pengumuman ini disampaikan Kiai Said yang dibacakan di depan ribuan santri usai melaksanakan salat Jumat.

Sementara, KH Hasan Abdullah Sahal mengaku meski Ponpes Gontor dalam keadaan berkabung, tapi tidak boleh berkepanjangan dalam kesedihan.

“Setiap kita ditinggalkan oleh seseorang kerabat kita, kita boleh menangis. Tapi tidak boleh menangis apalagi menangiskan,” ujar Kiai Sahal.

“Pondok seperti kereta api, bahwa kereta harus tetap berjalan siapapun masinisnya dengan tetap berpegang teguh pada nilai panca jiwa dan panca jangka PMDG,” pungkas Kiai Sahal.

Nama para pimpinan baru PMDG juga diposting di Instagram pondok.modern.gontor. Sejumlah komentar pun dituliskan warganet.

a.adilpratama: Patah tumbuh, hilang berganti. Siapapun masinisnya, Gontor adalah Gontor. Kami bersamamu ayahanda.

miftah_elfa: Ya Allah… kuatkanalah kyai kyai kami, guru-guru kami dalam mengemban amanat ini.

heiffannyrizal: Alhamdulillah, semoga beliau semua diberi kesehatan dan lancar segala urusan. Sekarang, Gontor siap BERPACU LEBIH KENCANG lagi.. (mat)

Loading...