Ayo! Lawan Covid-19 dari Desa dan Kelurahan

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Pjs Gubernur Kepri Bahtiar Baharuddin meminta seluruh perangkat desa dan kelurahan beserta TP PKK melawan Covid-19 di Kepri. Kades dan lurah dimintanya tidak terjebak dengan zona resiko dalam bentuk pembagian warna merah, kuning dan hijau.

Hal itu disampaikan Bahtiar saat memberikan arahan pada acara Acara Silahturrahmi Pjs Gubernur Kepri dengan Perangkat Desa dan Pemantapan Penanganan Covid-19 di Desa Melalui Gerakan Sejuta Masker, melalui vicon, Kamis (8/9/2020) di Batam.

Dengan terjebak pada zona merah, kuning dan hijau, Bahtiar mengkhawatirkan yang ada di zona hijau jadi lengah.

Apresiasi diberikannya kepada Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Dukcapil Provinsi Kepri H Sardison, dalam menggerakan seluruh Kepala Desa beserta perangkat desa agar begerak melawan Covid-19 dengan melakukan berbagai program kegiatan yang sejalan dengan pemerintah pusat.

Menurut Bahtiar, Kadis PMD sudah banyak melakukan langkah-langkah lawan Covid-19 untuk level desa dengan menjalankan aksi desa lawan Covid-19. Mulai dari pendekatan kepada tokoh agama dan masyarakat, pembentukan tim relawan covid-19 di seluruh 275 desa yang ada.

Desa, lanjut Bahtiar memang menjadi andalan pemerintah pusat dan daerah dalam melawan Covid-19 dibantu dengan adanya anggaran desa yang bisa digunakan untuk membeli masker atau handsanitizer. Dan berbagai upaya lawan Covid-19 lainnya di level desa.

Sementara itu Drs.H Sardison, MTP menyampaikan telah membentuk tim relawan Covid-19 desa dalam upaya melawan Covid-19 dari tingkat desa.

Bentuk nyatanya ialah membentuk pos tim relawan di 209 desa dari 275 desa yang ada, sosialisasi Covid-19 di seluruh desa, pendirian tempat isolasi, pendirian tempat cuci tangan, penyemprotan disinfektan di 257 desa, pendataan pemudik/pendatang, pendataan masyarakat rentan sakit, pengadaan masker serta beberapa kegiatan lainnya.

Hadir mendampingi Pjs Gubernur Kepala Dinas Kesehatan Kepri Mohammad Bisri, Kepala Dinas Perhubungan Kepri Junaidi, Plt Kepala Biro Humas Protokol Penghubung Kepri Zulkufli , Kepala Biro Umum Kepri Martin Maramon, juru bicara Satgas Covid-19 Kepri Tjetjep Yudiana. Hadir juga kepala Desa se Kepri, seluruh Kepala Dinas PMD se Kepri dan berbagai pihak terkait lainnya. (mat)

Loading...