AWe Sedih Nelayan Tanah Merah, Bintan Masih Melaut Pakai Sampan

Loading...

BINTAN (suarasiber) – Calon Bupati Bintan, Alias Wello (AWe) mengaku sedih mendengar curahan hati (curhat) nelayan Tanah Merah, Desa Penaga, Kecamatan Teluk Bintan yang melaut untuk menangkap ikan hanya pakai sampan.

“Jujur, saya sedih. Di era modernisasi alat tangkap ikan, ternyata masih ada nelayan kita yang melaut pakai sampan,” tutur AWe usai melakukan sosialisasi dengan masyarakat Tanah Merah Minggu (6/10/2020).

Curhat nelayan Tanah Merah itu, disampaikan saat AWe menjelaskan keberhasilannya mengasuransikan sekitar 10.000 nelayan di Lingga. Dan, pengalihan penggunaan energi fosil kepada energi matahari untuk mesin pompong nelayan.

“Bulan November mendatang, nelayan di Lingga sudah mulai menggunakan energi matahari. Tak ada lagi pakai BBM (Bahan Bakar Minyak). Pompong nelayan di sini berapa GT (Gross Tonnage)?” tanya AWe.

Mendengar pertanyaan itu, spontan nelayan Tanah Merah yang hadir di acara sosialisasi program kerja AWe – Dalmasri tersebut, bersahut – sahutan menyatakan tak memiliki pompong.

“Di sini tak ada pompong, Pak. Adanya cuma sampan. Ini serius, Pak. Kami melaut pakai sampan,” timpal Arifin, salah seorang nelayan di Tanah Merah itu. (mat)

Loading...