free page hit counter

AWe: Bintan Bukan Cuma Lagoi, Masa Depan Pariwisata Adalah Agrowisata

Loading...

BINTAN (suarasiber) – Kawasan pertanian dan perkebunan sangat mungkin dijadikan sebagai destinasi pariwisata yang menarik. Wisatawan bisa datang menikmati beragam hasil pertanian dan perkebunan.

Wisatawan juga bisa belajar tentang pertanian dan perkebunan atau hanya sekedar berjalan. Untuk menikmati suasana yang berbeda.

Dan, yang terpenting, adalah petani juga pekebun bisa mendapatkan sumber pendapatan baru. Selain, menjual hasil panennya.

“Konsep wisata Bintan ke depan harus dibuat seperti itu, agrowisata. Pariwisata yang menyentuh langsung ke masyarakat.

Pertanyaannya, kenapa orang malas datang ke lokasi pertanian atau perkebunan? Mungkin karena infrastrukturnya tidak baik.

Bisa juga karena jadwal panennya tidak jelas atau karena hasil panennya tak seberapa.

Adalah tugas pemerintah membangun infastrukturnya. Juga membimbing petani atau pekebun, agar hasil panennya bagus.

Bahkan, jadwal panen pun bisa diatur. Sehingga, sangat menarik dikunjungi,” kata Alias Wello cabup Bintan dalam pertemuan dengan warga di sejumlah lokasi di Bintan.

Agrowisata adalah solusi terbaik, untuk memaksimalkan potensi wisata di Bintan. Sekaligus, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Bintan bukan cuma Lagoi. Itu bukan kita. Dan, kita tidak boleh lagi bergantung ke Lagoi.

Kita lihat sekarang, karena terlalu bergantung ke Lagoi. Dampaknya sangat luas. Yang terbesar, pendapatan asli daerah Bintan anjlok,” jelas AWe.

Desa-desa di Bintan, ujar AWe punya potensi luar biasa untuk agrowisata. Jika dikelola dengan baik dan benar.

Ke depan, jika diamanahkan memimpin Bintan, AWe akan mengubah wajah desa di Bintan. Setiap potensi desa akan dimaksimalkan, dengan tujuan akhir warga desa jadi lebih sejahtera.

Konsep agrowisata sudah dikembangkan di banyak negara. Juga di banyak daerah di Indonesia. Dan, yang pertama merasakan dampak positifnya, adalah naiknya kesejahteraan warga.

“Ini yang harus kita lakukan. Ingat, tujuan dari setiap pembangunan adalah untuk kemakmuran masyarakat,” terang AWe. (mat)

Loading...