Singapore Airlines Akan PHK 4.300 Karyawan

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Baru-baru ini, Kamis (10/9/2020) Mirror memberitakan jika Singapore Airlines memutuskan akan memangkas 4.300 karyawannya. Hal ini diutarakan CEO Singapore Airlines Goh Choon Phong.

PHK ini diambil karena dampak dari pandemi Covid-19 yang mempersulit industri penerbangan. Goh Choon Phong mengakui keputusan itu merupakan hal tersulit yang harus dilakukannya selama 30 tahun barkair.

Karena pandemi Covid-19, maskapai ini hanya akan menerbangkan 50 persen dari jadwal keberangkatan normalnya. Akibatnya, keuangan perusahaan pada kondisi yang sangat berat.

Maskapai tersebut mengatakan akan mengoperasikan kurang dari 50% dari jadwal penerbangan normalnya. Oleh karena itu keuangan perusahaan berada dalam kondisi yang sangat berat.

Pertimbangan PHK karyawan juga didasari pertimbangan pulihnya corona masih penuh ketidakpastian. Dalam memonya, Goh Choon Phong juga menyebutkan jika keputusan PHK ini tidak diambil sepihak.

Pihaknya bahkan sudah melakukan diskusi dengan serikat pekerja Singapore Airlines. Serikat pekerja akan bersikap kooperatif atas keputusan tersebut dan dan akan memberikan pemahaman agar karyawan tidak terlalu cemas.

Dengan PHK 4.300 karyawan berarti terjadi pengurangan 15 persen dari total karyawan maskapai. Apakah pengurangan ini tak akan berlanjut, tak ada yang memastikan mengingat jumlah penerbangan yang sangat sedikit di Singapura.

Goh Choon Phong juga mengatakan jika pandemi Covid-19 menyebabkan hantaman keras terburuk dalam sejarah penerbangan. (mat)

Loading...