Sanggar Seni Paraguna, Lestarikan Nilai Budaya Sunda di Tanjungpinang

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Saiful Mukkarom, Ketua Paguyuban Pasundan Kota Tanjungpinang melantik atau ‘ngistrenan’ pengurus Sanggar Seni Sunda Paraguna Kota Tanjungpinang, Minggu (20/9/2020).

Pelantikan dilaksanakan di Sekretariat Paguyuban Pasundan Kota Tanjungpinang, di Jalan Raja Haji Fisabililah Batu 8 Atas Komplek Ruko Pinang Mas Residence Blok A. No. 32 Tanjungpinang.

Menurut Saiful Mukkarom, Sanggar Paraguna ini nantinya akan berkonsentrasi pada upaya pelestarian nilai budaya Sunda di Tanjungpinang. Dan, pelaku seninya adalah orang-orang Sunda yang ada di kota ini.

Nama Sanggar Seni Sunda Paraguna Kota Tanjungpinang langsung disematkan oleh Toto Sucipto yang sehari hari menjabat sebagai Kepala BPNB (Balai Pelestarian Nilai Budaya) Provinsi Kepri

Sanggar Seni Sunda Paraguna ini, dipimpin oleh Uus Kusdinar selaku Ketua Umum. Sanggar ini memiliki sumber daya seni yang cukup banyak.

Seperti rampak sekar, calung, jaipongan, angklung, degung dan sisingaan. Kemudian, upacara adat Sunda yang dikemas dalam sebuah tradisi penyambutan khas Sunda.

Di tempat terpisah, Mayor Laut (T) Arief Gunawan selaku Wakil Ketua Paguyuban Pasundan Kota Tanjungpinang, memberikan apresiasi kepada Ketua Sanggar Paraguna dan pengurus serta warga Sunda lainnya.

Karena peduli dan meluangkan waktu untuk melestarikan nilai budaya Indonesia, khususnya Sunda. (mat) 

Loading...