Jokowi: Kawal Program Padat Karya Tunai di Pedesaan

Loading...

JAKARTA (suarasiber) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengintruksikan kepada jajaran pemerintah terkait, agar seluruh skema program jaring perlindungan sosial di desa seperti Program Keluarga Harapan, bantuan sosial tunai, bantuan langsung tunai desa dan lain-lain, berjalan efektif dan tepat sasaran.

Instruksi ini disampaikannya terkait Pandemi Covid-19, yang tidak hanya berdampak pada masyarakat kota, tapi juga warga di pedesaan.

Itulah sebabnya, pemerintah meluncurkan berbagai program untuk mengurangi beban masyarakat sekaligus meningkatkan ekonomi desa

Jokowi juga memerintahkan, agar program padat karya tunai di pedesaan dikawal dan  dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Program ini dapat mengurangi beban masyarakat desa yang mungkin kehilangan pekerjaan di tengah pandemi, kesulitan mencari kerja atau yang berasal dari kalangan tidak mampu.

Jokowi juga menginstruksikan masing-masing kementerian, agar tidak menjalankan program secara sendiri-sendiri. Tapi saling mengisi satu sama lain.

Misalnya, Kementerian Desa memastikan dana desa digunakan lebih produktif, Kementerian Sosial mengenai penanganan warga yang kurang mampu, dan Kementerian Koperasi dan UKM untuk sektor usaha kecil dan mikro, dan seterusnya.

“Masing-masing desa harus diarahkan untuk mengembangkan potensi lokalnya dalam rangka memperkuat daya ungkit ekonomi desa.

Warga di desa juga harus diberikan ruang partisipasi dan kreasi dalam memajukan sektor-sektor unggulan desanya,” kata Jokowi. (mat) 

Loading...