Uang Rp 75.000 Diviralkan Tampilkan Baju Adat China, Ini Faktanya

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Sebuah pertanyaan di akun Twitter @Rianaaa_na09 soal baju adat yang terpampang di uang pecahan kertas Rp75 ribu membuat viral. Lantaran ada akun lain yang membalasnya jika baju itu pakaian adat China.

Sayangnya pemilik akun @Rianaaa_na09 kemudian mengunci akunnya. Namun narasi soal baju adat China itu lalu diteruskan akun @2nd_NN4y4r4. Dan lagi-lagi baju adat di uang yang baru diluncurkan 17 Agustus 2020 itu sebagai bagian dari adat China.

Benarkah demikian? Dilansir dari detik.com, Selasa (18/8/2020) Sahabat Pandu Kalimantan Utara, Prayoga Bayu, memberikan penjelasan.

Bayu menegaskan jika baju adat dalam uang tersebut adalah baju adat Tidung, Kalimantan Utara. Sahabat Pandu adalah organisasi yang bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam memperkenal budaya lokal.

Bahkan Bayu pun membeberkan jika model dalam uang tersebut asli bocah Tarakan, Kalimatan Utara. Untuk kepentingan model dalam uang tersebut. petugas Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) yang melakukan pemotretan secara langsung.

Lelaki ini juga membantah adanya tudingan narasi yang mengatakan model tersebut orang China karena bermata sipit.

“Sebenarnya suku Tidung itu masuk ke dalam suku Dayak Tidung, makanya sipit, tapi dalam sejarahnya, suku Tidung tidak mau dibilang suku Dayak, karena juga suku Tidung beragama Islam, tersebar di Kalimantan Utara hingga Semenanjung Malaysia,” jelasnya. (mat)

Loading...