Ikut Antre Swab Test, Rudi Chua Tak Khawatir Jika Positif Diketahui Orang Ramai

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Rudi Chua, anggota DPRD Provinsi Kepri dari dapil Tanjungpinang, adalah salah seorang di antara ratusan yang ikut swab test massal di parkiran RSUD Raja Ahmad Tabib, Sabtu (1/8/2020).

Dia datang sendirian, tanpa ajudan, tanpa sopir dan langsung berbaur dengan warga lainnya. Walau mengenakan masker, namun sebagian langsung mengenalinya.

Dia juga saling sapa dengan mengatupkan kedua belah telapak tangan di depan dadanya.

Tidak terlihat kesan eksklusif. Tidak ada juga kesan ragu atau khawatir, bahwa hasil swab test-nya akan diketahui banyak orang.

Bagi Rudi Chua, Covid-19 bukan AIDS. Bukan penyakit yang harus ditutup-tutupi. Covid-19, adalah musibah yang melanda semua warga di planet bumi.

“Jika saja kemarin itu saya positif dan orang tahu, malah lebih baik. Supaya siapa-siapa yang sempat kontak dekat dengan saya, bisa langsung diuji juga.

Itu, bagi yang sempat kontak. Bagi yang tidak kontak, bisa langsung menerapkan antisipasi. Agar, jangan kontak dengan saya.

Sukurnya, hasil swap test saya kemarin, negatif,” kata Rudi Chua menjawab suarasiber.com, kemarin.

Rudi agak heran dengan sikap sejumlah orang, yang seperti ketakutan jika hasil swap test-nya positif.

“Sekali lagi, ini bukan aib! Tidak ada yang harus ditutupi. Dan, seharusnya dibuka demi keselamatan banyak orang,” tegas Rudi.

Semakin ditutupi justru semakin berbahaya bagi orang ramai. Agar, sesiapa yang sudah berkontak segera memeriksakan diri.

Sehingga, meminimalkan kemungkinan semakin menyebarnya wabah Covid-19, akibat ketidaktahuan.

Itu sebabnya, saat menjelang swap test di parkiran RSUD RAT, Rudi tidak sembunyi-sembunyi.

Juga tidak meminta keistimewaan karena statusnya sebagai anggota DPRD Provinsi Kepri.

Rudi juga ikut menunggu dan mengisolasi diri selama sekitar sepekan, karena lambannya hasil test diketahui.

Swap test dilaksanakan 1 Agustus 2020 dan hasilnya baru diketahui 7 Agustus 2020. Sebuah penantian panjang yang memberi dampak psikologis bagi sebagian orang. (mat) 

Loading...