Gubernur Kepri Isdianto Positif Covid-19

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Gubernur Kepri Isdianto dinyatakan positif Covid-19 usai pelantikannya sebagai gubernur oleh Presiden Jokowi di Jakarta, Senin (27/3/2020).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri, Tjetjep Yudiana, Sabtu (1/8/2020) menduga Gubernur Isdianto tertular oleh ajudannya yang positif Covid-19 selama di Jakarta.

Keterangan yang disampaikan para ajudan, mereka sempat berkumpul khususnya saat makan.

“Kemungkinan saat makan itulah, di satu tempat. Mereka selalu bersama,” ujar Tjetjep.

Penularan juga bisa terjadi kala penyambutan Isdianto oleh tokoh dan masyarakat di Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang. Di sini ajudan berusaha merenggangkan jarak antara Gubernur Isdianto dengan warga, tak menutup kemungkinan kala itulah terjadi penularan.

Menurut Tjetjep penyambutan dilakukan sekitar 100 orang. Memang ada upaya untuk menjaga jarak, namun bisa saja terjadi beberapa kali sentuhan lantaran luapan kegembiraan.

Hingga saat ini sementara ada 6 orang termasuk Isdianto yang positif Covid-19 dalam klaster tersebut. Kemungkinan jumlah tersebut bisa bertambah.

Sebelunya muncul kekhawatiran sejumlah pihak akan kondisi Isdianto usai ajudannya terpapar Covid-19. Namun hingga Kamis (30/7/2020) ia menunjukkan kondisi sehat dan merencanakan menjalankan salat Idul Adha di kediamannya, Perumahan Sukajadi Batam, Jumat (31/7/2020). Salat dilaksanakan secara terbatas.

Seorang warga yang beberapa hari terakhir sempat melakukan kontak dengan Isdianto kepada suarasiber mengatakan ia tengah menuju perjalanan ke rumah sakit untuk swab test.

“Pak Gubernur positif. Saya sedang ke rumah sakit untuk swab,” tulisnya melalui pesan singkat WhatsApp. (mat)

Loading...