5 Jenis Ular yang Mematikan di Tanah Air

Loading...

BANDUNG (suarasiber) – Hai gan sis, mumpung gue lagi belajar online gegara corona, akhirnya gue luangin waktu untuk nulis lagi nih. Kali ini, gue mau nulis tentang hewan yang tidak asing bagi kita semua, yakni ular.

Ular dikenal dengan sifatnya yang sangat agresif. Ular menjadi hewan yang paling ditakuti oleh kebanyakan orang. Ada beberapa jenis ular yang mematikan di Tanah Air. Gue mau tulis 5 jenis ular yang bisanya mematikan.

Nah, kalau gan sis ketemu 5 jenis ular ini, mending kabur atau mencari bantuan aja deh. Mungkin, cukup ya dengan basa basinya, kita langsung aja masuk ke pembahasan.

1. Ular Kobra

Yang satu ini gak akan asing dengan kita semua, yaitu adalah ular kobra atau sering disebut dengan ular sendok. Ular kobra gak cuma terkenal dengan racun dan keagresifannya.

Kalau agan sistah sampai kena gigitan dari ular ini, bisa berakibat fatal. Racun neuorotoksin yang dimiliki oleh ular ini, bisa menyebabkan kematian bagi korbannya hanya dalam hitungan menit. Karena itu, apabila menemukan ular ini lebih baik kita kabur atau mencari bantuan terdekat.

2.  Ular Weling

Ular ini memiliki nama latin Bungarus Candidus atau yang kita kenal dengan nama ular weling. Ular ini menjadi salah satu ular paling berbisa di dunia. Tingkat kematian apabila tergigit ular ini sebesar 60-70 persen. Habitat utama dari ular ini sendiri adalah hutan.

Hutan mangrove, semak belukar, perkebunan dan lahan pertanian. Oleh karena itu menurut gue sendiri, ular ini merupakan salah satu ular yang tidak bisa kita anggap enteng.

3. Ular Welang

Nah, kalau yang nomor 3 ini tidak jauh beda dengan yang nomor 2 perbedaan yang paling mencolok adalah warna. Ini adalah ular welang atau dengan nama latin Bungarus Faciatus.

Ular ini hidup di  hutan, rawa, lahan pertanian dan perkebunan ular ini terkadang berkeliaran di daerah pemukiman yang dekat dengan perairan. Ular ini juga sama berbahayanya dengan ular weling memiliki dosis racun yang cukup besar bisa menyebabkan kefatalan.

4. Ular Bandotan Puspa

Masuk ke nomor 4 dari bentuknya aja gue udah merinding ular ini, adalah ular bandotan puspa. Ular ini sendiri tergolong ular yang sangat langka dan sangat mematikan sekali.

Gigitan dari ular ini racun dari ular ini, adalah neuorotoksin yang artinya apabila tergigit racun ini akan merusak saraf kita lalu mengakibatkan kematian.

Di indonesia sendiri, ular ini baru berada di beberapa daerah saja yakni Jawa Timur, Jawa Tengah, NTT dan madura

5. Ular Tanah

Yang terakhir ini adalah ular tanah yang memiliki nama latin Calloselasma rhodostoma. Ular ini sendiri jarang bergerak dan merupakan salah satu ular penyergap.

Ular ini biasanya lebih banyak berdiam diri di atas tanah dan menunggu mangsanya lewat. Ular ini sendiri jago dalam hal penyamaran, sebab warnanya yang mirip dengan tanah.

Ular ini memiliki dosis yang cukup mematikan bagi manusia dan merupakan sebuah ancaman apabila bertemu ular ini. Jadi gan sis hati hati ya kalau main ke hutan atau ke lapangan terbuka yang medannya tanah.

Mungkin cukup segini yang bisa gue sampaikan. Gue minta maaf, kalau ada kata atau kalimat yang salah atau tidak mengenakan gan sis sekalian. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca thread gue. (andika tristantio) 

Loading...