Tahun Ajaran 2020/2021 Sekolah di Batam Masih Belajar Daring

Loading...

BATAM (suarasiber) – Tahun pelajaran barui 2020/2021 akan dimulai 13 Juli 2020, namun Pemkot Batam masih menetapkan kegiatan belajar dilangsungkan secara daring.

Kebijakan ini diambil mengingat kondisi Batam yang masih ada penularan corona virus disease (Covid-19). Sehingga belum memungkinkan bagi anak sekolah untuk melakukan pembelajaran tatap muka.

Hal ini disampaikan Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad di Batam Centre, Jumat (10/7).

Dikutip dari mediacenter.batam.go.id, Sabtu (11/7/2020), Amsakar menyebutkan baru tiga kecamatan yang masuk zona hijau. Sementara sembilan lainnya masih kuning, maka kegiatan belajar mengajar masih online.

Memang sudah ada kecamatan di Batam yang masuk zona hijau, namun belajar secara daring dilakukan dengan mempertimbangkan keamanan bagi anak-anak sekolah. Kebijakan ini juga sudah mempertimbangkan aturan dari pusat.

Atas surat keputusan bersama empat menteri, disebutkan untuk daerah yang belum masuk zona hijau kegiatan belajar masih dilakukan jarak jauh.

“Ada edaran menteri, sampai masuk zona hijau aktivitas pembelajaran dilakukan di rumah. Atas itu kita tetapkan untuk tetap sekolah secara daring. Sampai ada kebijakan baru dari kementerian,” ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan, Hendri Arulan menambahkan pada dasarnya sekolah-sekolah sudah siap untuk melanjutkan kegiatan belajar daring. Sistem yang digunakan sama dengan ketika pertama kali belajar daring diberlakukan saat awal penyebaran covid-19, Maret lalu.

“Pelaksanaannya disesuaikan dengan kemampuan orang tua dan sarana prasarana sekolah. Kalau bisa dengan zoom (aplikasi video conference) pakai zoom meeting. Kalau tidak, penugasan melalui Whatsapp grup kelas juga bisa. Tergantung kesepakatan orang tua dan sekolah. Yang penting kegiatan belajar mengajar tetap berjalan,” kata Hendri. (man)

Loading...