Susi Pudjiastuti Geram Ekspor Benih Lobster, Tangkap Ya Emaknya!

Loading...

JAKARTA (suarasiber) – Pemerintah membuka keran ekspor benih lobster dengan alasan pendapatan nelayan jadi anjlok. Mentan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti geram pun jadi geram.

Ia meyakini larangan ekspor benih lobster tak mengurangi pendapatan nelayan. Nelayan bisa mengambil lobster dewasa yang harganya lebih mahal.

“Tangkap lobster itu ya emaknya, jangan bibitnya,” kata Susi saat diundang pada diskusi virtual Bahtsul Masail bertajuk ‘Telaah Kebijakan Ekspor Benih Lobster’, Kamis (23/7/2020).

Susi memang sosok yang langsung bersuara menolak ketika Menteri KP yang sekarang, Edhy Prabowo, mengizinkan penangkapan hingga ekspor benih lobster.

Negara-negara yang memiliki spiny lobster, jelas Susi, seperti Filipina, Sri Lanka, hingga Maladewa sudah tidak pernah lagi memberikan izin menjual benih lobster.

Untuk diketahui, Edhy Prabowo baru menerbitkan aturan pembukaan ekspor benih lobster hingga budidaya melalui Peraturan Menteri Nomor 12 tahun 2020 yang berlaku sejak Mei lalu.

Aturan itu menggantikan aturan pelarangan penangkapan benur yang dikeluarkan oleh Susi pada era kabinet sebelumnya yakni Peraturan Menteri Nomor 56 Tahun 2016. (mat)

Loading...